+ -

Pages

Harus Praktek, Bukan Sekedar Teori

Dalam pengembangan diri, kebanyakan kita sering belajar hanya teori saja. Kita lupa bahwa praktek dalam pengembangan diri adalah yang paling utama. Jika kita belajar tentang pengembangan diri melalui buku-buku pengambangan diri sehingga kita memahami betul tentang pengembangan diri dan bagaimana penerapannya, maka ilmu teori tersebut akan menjadi percuma jika kita tidak menerapkannya.

Banyak di antara kita yang setelah belajar teori, kemudian lupa akan prakteknya. Biasanya setalah belajar teori, semangat berubah menjadi sangat tinggi. Kemudian setelah beberapa saat kemudian, teori tersebut menjadi kabur dan akhirnya hilang. Jadi ilmu teori yang telah diperoleh tidak dapat termanfaatkan.

Kita tidak mempraktekkan teori bisa disebabkan karena kita malas. Kita membuat berbagai alasan untuk yang mendukung kemalasan itu, kemudian kita sendiri yang membenarkan alasan tersebut. Jika ada orang yang menyangkalnya maka kita akan mati-matian memberi alasan pendukung lainnya.

Penyebabnya lainnya adalah karena apa yang dijelaskan teori tidak semudah prakteknya. Apa dijelaskan teori tidak sekomplit kenyataannya. Akhirnya kita beranggapan teori yang telah dipelajari tidak lengkap dan tidak bisa dipakai.

Tapi apa pun alasannya, tetap saja praktek selalu lebih baik dari sekedar memahami teori. Praktek pengembangan diri yang didukung dengan teori yang baik dan wawasan yang luas akan membuat kita menjadi manusia yang lebih baik.

Jadi, sekarang pilih saja, dalam pengembangan diri, hanya ingin sekedar memahami teori saja atau mempraktekkannya?
5 Blogger Jambi: Harus Praktek, Bukan Sekedar Teori Dalam pengembangan diri, kebanyakan kita sering belajar hanya teori saja. Kita lupa bahwa praktek dalam pengembangan diri adalah yang paling...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >