+ -

Pages

Pelatihan ESQ Hari Pertama

Sebelumnya saya pernah membaca buku ESQ, tapi belum pernah mengikuti pelatihannya. Saya mengikuti pelatihan ESQ baru hari ini. Saya mengikuti pelatihan ESQ selama dua hari, yaitu hari ini dan besok. Dan pelatihan hari ini baru saja selesai.

Dari pelatihan hari ini, ada kalimat-kalimat yang sering diulang dan ditekankan oleh instrukturnya. Kalimat-kalimat tersebut adalah sebagai berikut.

Demi matahari dan sinarnya di pagi hari
Demi bulan apabila ia mengiringi
Demi siang hari apabila menampakkan dirinya
Demi malam apabila menutupi
Demi langit beserta seluruh binaannya
Demi bumi serta yang ada di hamparannya
Dewi jiwa dan penyempurnaannya

Allah mengilhami sukma kefasikan dan ketakwaan
Beruntunglah bagi yang mensucikannya
Merugilah bagi yang mengotorinya


Ketika dulu saya membaca buku ESQ, saya tidak merasakan di dalamnya adanya penekanan kalimat-kalimat tersebut. Mungkin dulu saya kurang memahami isinya sehingga saya kurang merasakannya. Sekarang melalui pelatihan dua hari ini, saya ingin memahaminya lebih dalam.

"Ketahuilah bahwa dalam jasad ini ada segumpal daging, apabila segumpal daging itu baik, maka akan menjadi baiklah semuanya, dan apabila segumpal daging itu jelek, maka akan jeleklah semuanya, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati."
(HR. Al-Bukhari dan Muslim).
5 Blogger Jambi: Pelatihan ESQ Hari Pertama Sebelumnya saya pernah membaca buku ESQ, tapi belum pernah mengikuti pelatihannya. Saya mengikuti pelatihan ESQ baru hari ini. Saya mengikut...

1 komentar:

  1. memang,auditori dan visual itu saling mempengaruhi...
    jika keduanya bekerja bersama maka akan tercipta ketukan2 di pemikiran,hati dan kesadaran...sehingga segala sesuatu menjadi lebih bermakna..
    *halah,ngomong apa saya ini :mrgreen: *

    BalasHapus

< >