+ -

Pages

Pengertian Sabar dan Ikhlas

Banyak orang yang berada dalam keadaan teraniaya atau sedang mendapat bencana, mereka berkata: "sabar, sabar, ikhlas, ikhlas". Mereka berkata demikian sambil mengusap dada dengan maksud mereka sabar dan ikhlas terhadap derita yang mereka alami.

Jika saya perhatikan dengan lebih seksama, keadaan mereka itu bukan dalam keadaan sabar dan ikhlas. Mereka sebenarnya dalam keadaan "menahan". Ada sesuatu yang mereka tahan di hati mereka dimana jika mereka tidak kuat lagi menahannya, maka sesuatu itu akan terungkapkan.

Menurut pandangan saya, keadaan sabar dan ikhlas sesungguhnnya berada pada keadaan "melepaskan". Dengan "melepaskan", berarti kita melepaskan diri dari keterikatan. Keadaan seperti itulah keadaan sabar dan ikhlas yang sebenar-benarnya.

Jika mereka melakukan hal itu (melepaskan) berarti mereka telah bisa dikatakan sabar dan ikhlas walaupun kata sabar dan ikhlas tidak terucap di mulut mereka, atau sedikitpun tidak terlintas di pikiran mereka.
5 Blogger Jambi: Pengertian Sabar dan Ikhlas Banyak orang yang berada dalam keadaan teraniaya atau sedang mendapat bencana, mereka berkata: "sabar, sabar, ikhlas, ikhlas" . Me...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >