+ -

Pages

Bertahan Dengan Satu Blog

Pengalaman saya membuktikan bahwa kalau ingin tetap konsisten dengan aktivitas blogging, maka saya harus aktif hanya dengan satu blog. Jika saya aktif di beberapa blog, maka pikiran saya akan bercabang. Akibatnya tak satu pun blog bisa saya pertahankan kekonsistenan update-nya.

Beberapa hari ini saya membuat blog di Blogger, Tumblr dan Posterous. Karena saya membuat ketiga blog tersebut, pikiran saya menjadi bercabang. Akibatnya blog saya di sini agak terabaikan. Saya menjadi jarang meng-update blog ini. Saya malah sering mengedit tema blog baru itu, namun jarang juga meng-update-nya.

Selain sibuk dengan blog yang baru, saya juga sibuk meng-update blog photo saya yang ada di WordPress. Namun update-nya juga kurang konsisten. Mengelola beberapa buah blog ternyata lebih sulit dari apa yang saya bayangkan.

Agar blog bisa konsisten di-update, blog yang harus saya kelola memang harus satu. Blog tersebut adalah blog ini. Blog inilah blog saya sesungguhnya. Saya lebih nyaman di sini. Tidak ada blog saya yang lain yang lebih nyaman dari blog ini. Oleh karena itu, saya akan bertahan di blog ini saja. Blog saya yang lain akan saya abaikan karena hanya mengganggu saja.

Selain harus aktif dengan hanya satu blog, kegiatan update status di media sosial seperti Facebook, Google+ dan Linkedin juga akan saya kurangi. Karena kegiatan itu juga mengganggu dan tidak produktif.
5 Blogger Jambi: Bertahan Dengan Satu Blog Pengalaman saya membuktikan bahwa kalau ingin tetap konsisten dengan aktivitas blogging, maka saya harus aktif hanya dengan satu blog. Jika ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >