+ -

Pages

Gonti-ganti Topik Tulisan

Kadang, kalau sedang menulis, saya suka gonti-ganti topik tulisan. Hal ini terjadi karena di kepala saya ini banyak sekali ide-ide yang memenuhi otak saya. Saya tidak punya tempat untuk menumpahkan hasil pikiran tersebut selain dengan menulis.

Hari ini, sebelum saya menulis tulisan ini, saya sudah membuat 5 tulisan. Namun dari kelima tulisan tersebut, tidak satu tulisan pun yang terselesaikan. Mulanya saya hanya menulis satu topik tulisan saja. Kemudian ketika sedang asyik menulis, terlintas topik baru di pikiran saya. Saya pun beralih ke topik yang baru tersebut dan mengembangkannya. Belum sempat topik yang baru saya selesaikan, datang lagi topik yang lebih baru. Saya pun beralih ke topik yang lebih baru tersebut. Begitu seterusnya sampai akhirnya saya menulis topik ini.

Begitulah kalau lagi banyak ide, banyak sekali topik-topik tulisan yang datang tak diundang. Semuanya harus saya panen. Kalau tidak, ide tadi akan membusuk dan tidak bisa diambil lagi karena sudah lupa. Ide yang belum sepenuhnya menjadi tulisan bisa saya kembangkan nanti pada saat saya sudah kehabisan ide.

Kadang ada masanya musim paceklik ide. Pada saat itu ide susah didapat. Dipikir-pikir juga tidak akan dapat. Dicari kemana-mana juga tidak akan ketemu. Makanya sekarang selagi masih banyak ide, semuanya harus dipetik.
5 Blogger Jambi: Gonti-ganti Topik Tulisan Kadang, kalau sedang menulis, saya suka gonti-ganti topik tulisan. Hal ini terjadi karena di kepala saya ini banyak sekali ide-ide yang meme...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >