+ -

Pages

Berbohong Tanpa Ketahuan

Pilih mana: membohongi atau dibohongi?

Kalau terpaksa harus memilih, maka saya akan memilih dibohongi. Mungkin itu adalah pilihan yang baik. Sebab dibohongi bisa merugikan dan bisa juga tidak. Sedangkan membohongi sudah pasti merugikan.

Rugi dibohongi hanya satu kali. Yaitu rugi ketika di dunia. Sedangkan rugi membohongi pasti dua kali, yaitu di dunia dan di akhirat.

Orang yang dibohongi biasanya hanya rugi harta dan benda. Selain itu ada juga rugi waktu, rugi tempat dan lain-lain. Semuanya bersifat sementara dan mudah dilupakan.

Sedangkan rugi membohongi adalah bisa meningkatkan tingkat kecemasan. Sebab berbohong itu melawan kata hati. Ada pertentangan antara perbuatan dan kata hati. Jika sering dilakukan, perlahan bisa merusak watak yang baik.

Kalau rugi di akhirat karena membohongi saya tidak sanggup menjelaskannya. Saya tidak punya pengetahuan banyak tentang itu. Cuma saya selalu yakin bahwa orang yang berbohong pasti akan merugi di akhirat nanti.

Pilih mana: tahu kalau dibohongi atau tidak tahu kalau dibohongi?

Mungkin baiknya saya memilih tidak tahu kalau dibohongi. Sebab kalau saya tahu kalau saya dibohongi, maka saya bisa sakit hati.

Kalau saja saya tidak tahu kalau saya dibohongi, maka itu lebih baik. Sebab saya tidak akan sakit hati. Karena tidak ada yang perlu disakithatikan.

Di dunia ini banyak orang yang membohongi orang lain. Semua orang tidak akan luput dari dibohongi. Saya sendiri juga tidak luput dari dibohongi. Makanya saya juga tidak menutup diri untuk dibohongi. Jadi silakan bohongi saya. Tapi mungkin perlu sedikit syarat. Yaitu jangan sampai saya tahu kalau saya dibohongi. Mudahkan.

Kadang saya tahu kalau saya sedang dibohongi. Biasanya saya diam saja. Orang yang berbohong itu tidak menyadari kalau saya sudah mengetahuinya. Saya pun membiarkannya.

Berbohong tanpa ketahuan oleh orang yang dibohongi sangatlah susah. Untuk berbohong kita harus melihat lingkungan sekitar. Harus tahu sejauh mana orang yang kita bohongi tahu tentang apa yang kita bohongi. Termasuk juga pengetahuan teman-temannya. Jadi berbohong itu jangan dianggap enteng. Kalau ingin berbohong, berbohonglah dengan cerdas.
5 Blogger Jambi: Berbohong Tanpa Ketahuan Pilih mana: membohongi atau dibohongi? Kalau terpaksa harus memilih, maka saya akan memilih dibohongi. Mungkin itu adalah pilihan yang baik....

1 komentar:

  1. ok,, saya akan berbohong ke mas rory. masalahnya, bohongin apa ya?

    BalasHapus

< >