+ -

Pages

Menghadapi Zaman Konsumtif

Zaman sekarang adalah zaman konsumtif. Banyak barang-barang yang dijual di pasaran yang membuat kita menjadi orang yang konsumtif.

Misalnya barang-barang di bidang teknologi informasi. Setiap hari ada-ada saja barang-barang jenis baru di bidang teknologi yang muncul di pasaran. Orang-orang di bidang teknologi informasi punya banyak inovasi untuk menghasilkan produk-produk baru yang sangat menarik. Produk-produk tersebut mampu membangkitkan gairah konsumen untuk membelinya.

Maka dari itulah kita harus bijak dalam menjalani kehidupan zaman sekarang. Jangan sampai kita hanyut dengan gaya hidup konsumtif. Gaya hidup konsumtif bisa menimbulkan berbagai macam masalah keuangan. Namun lebih dari itu gaya hidup konsumtif dapat merusak watak yang baik.

Ada sebuah paradoks begini: konsumen itu adalah raja. Padahal sebenarnya tidak begitu. Yang sebenarnya raja adalah produsen. Konsumen menjadi raja hanya sesaat. Konsumen dilayani sesaat oleh satu produsen. Kemudian menikmati produk yang ia beli juga sesaat. Sedangkan produsen dilayani oleh banyak konsumen. Pelayanannya terjadi secara tidak langsung dengan uang yang dikumpulkan dari banyak konsumen. Produsen semakin cerdas secara finansial, sedangkan konsumen menjadi sebaliknya. Coba perhatikan selama ini, yang berbahagia itu produsen atau konsumen?

Memang berat menghindari godaan untuk membeli produk-produk menarik yang dijual di pasaran. Namun begitu kita harus menghindarinya. Kita harus bisa mengontrol diri. Kita harus bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Jangan sampai keduanya tertukar atau tercampur. Kebutuhan dan keinginan bedanya sangat tipis. Pengkategoriannya bisa saja salah dimana sebuah keinginan terkategorikan ke dalam kebutuhan. Belilah semua barang-barang yang masuk dalam kategori kebutuhan. Tundalah semua barang-barang yang masuk dalam kategori keinginan. Tundalah keinginan sampai kita tidak menginginkannya lagi. Semoga kita menjadi orang-orang yang cerdas secara finansial.
5 Blogger Jambi: Menghadapi Zaman Konsumtif Zaman sekarang adalah zaman konsumtif. Banyak barang-barang yang dijual di pasaran yang membuat kita menjadi orang yang konsumtif. Misalnya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >