+ -

Pages

Seni Tulisan Tangan

Awalnya tulisan ini merupakan tulisan tangan. Saya menulisnya menggunakan pena dan kertas. Kemudian saya mengetik ulang lagi menggunakan laptop sambil melakukan sedikit editing. Hasilnya saya terbitkan di blog ini.

Sudah lama saya tidak menulis dengan tangan. Setelah tamat kuliah dulu, menulis dengan pena dan kertas perlahan saya tinggalkan. Saya lebih sering menulis menggunakan laptop.

Hari ini saya iseng mencoba menulis dengan tangan. Saya menulis tulisan ini dan rasanya sangat menyenangkan.

Teknologi telah mengubah pola menulis seseorang. Dari menulis menggunakan pena menjadi menulis menggunakan laptop. Peralihan timbul karena menulis dengan laptop lebih praktis. Hasilnya lebih rapi, mudah diperbaiki, bebas dari coretan dan mudah di simpan.

Karena keunggulan tersebut, laptop menjadi jauh lebih penting dibandingkan pena dan kertas. Dominasi pena dan kertas mulai terpinggirkan. Pena dan kertas hanya digunakan untuk membuat catatan kecil saja. Tidak digunakan untuk membuat tulisan yang lebih panjang. Membuat tulisan yang panjang lebih cocok dilakukan dengan menggunakan laptop.

Namun begitu bukan berarti menulis dengan tangan menjadi tidak menarik lagi. Sebab menulis dengan tangan juga punya kelebihan dibandingkan menulis dengan laptop. Kelebihan tersebut terletak pada seninya. Menulis dengan tangan jauh lebih berseni daripada menulis dengan laptop.

Setiap orang memiliki ciri khas seni masing-masing pada tulisan penanya. Seni tersebut sangat unik. Karena uniknya, sampai sekarang belum pernah saya menemukan bentuk tulisan seseorang yang sama persis dengan tulisan orang lain.

Ketika masih sekolah dulu, dengan hanya melihat bentuk sebuah tulisan, saya bisa tahu siapa teman sekelas yang menulis tulisan tersebut. Coba kita bandingkan dengan tulisan yang dibuat menggunakan laptop. Jika hanya melihat tulisannya saja, sudah bisa dipastikan kita tidak akan tahu siapa membuat tulisan tersebut. Penyebabnya adalah karena tulisan tersebut tidak memiliki seni.
5 Blogger Jambi: Seni Tulisan Tangan Awalnya tulisan ini merupakan tulisan tangan. Saya menulisnya menggunakan pena dan kertas. Kemudian saya mengetik ulang lagi menggunakan lap...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >