+ -

Pages

Mencatat Ide Menulis

Saat ini sudah hampir jam 12 tengah malam. Rencananya saya ingin membuat sebuah tulisan yang akan diposting di blog ini. Maksudnya adalah biar kegiatan update blog setiap hari yang pernah saya rencanakan sebelumnya terus berlanjut dan tidak terputus-putus seperti yang pernah terjadi pada hari-hari sebelum ini. Sebelumnya update blog ini sempat terputus agak lama. Sehingga sekarang sulit untuk melanjutkannya lagi. Saya tidak mau hal seperti itu terulang lagi. Oleh karena itu, walaupun sisa waktu hari ini tinggal sebentar lagi, saya akan coba menulis walaupun tulisan yang dihasilkan hanya sedikit.

Untuk bisa meng-update blog maka dibutuhkan sebuah tulisan. Nah, tulisan ini yang biasanya sulit saya buat. Untuk membuat sebuah tulisan dibutuhkan sebuah ide. Jika ide ada, maka saya bisa menulis dengan mudah dan lancar. Tulisan bisa keluar dan mengalir begitu saja walaupun sering sekali tata bahasanya tidak beraturan dan berantakan. Namun hal itu bukan masalah karena intinya adalah saya bisa menghasilkan sebuah tulisan yang siap untuk dipostingkan. Tulisan yang tidak beraturan dan berantakan tadi bisa saya edit di kemudian hari.

Namun ide menulis belum tentu muncul ketika akan menulis. Malah jarang sekali ide hadir ketika akan menulis. Jika ide tidak ada maka tidak akan ada juga tulisan. Blog pun juga tidak akan ter-update.

Kalau ingin punya stok ide yang banyak, maka setiap ide yang terlintas sesegera mungkin harus dicatat. Sebab ide tersebut tidak akan hadir untuk yang kedua kalinya. Dengan menuliskannyalah kita bisa mengikatnya. Namun yang sering terjadi adalah saya sering sekali lupa mencatatnya. Ketika malamya saya coba mengingat ide itu lagi maka saya sudah tidak mampu lagi. Akibatnya tidak ada tulisan untuk hari itu.

Untuk mendapatkan ide menulis, sebaiknya memang saya harus mendisiplikan diri untuk mencatat ide menulis yang terlintas di siang hari. Dengan begitu pada malam hari saya bisa punya banyak ide tanpa kesulitan mengingatnya lagi. Saya pun bisa membuat tulisan dengan lancar. Jika ide dicatat setiap hari maka saya bisa membuat tulisan setiap hari. Blog ini pun tentu akan ter-update setiap hari.
5 Blogger Jambi: Mencatat Ide Menulis Saat ini sudah hampir jam 12 tengah malam. Rencananya saya ingin membuat sebuah tulisan yang akan diposting di blog ini. Maksudnya adalah bi...

2 komentar:

  1. bahkan saat tak punya ide kita masih dapat menulis...
    salam kenal... :)

    BalasHapus
  2. coba ide utamanya dicatat di twitter atau facebook..

    BalasHapus

< >