+ -

Pages

Cara Mengembangkan Potensi Diri

Potensi atau kualitas diri tidak bisa meningkat begitu saja. Meningkatkan kualitas diri memerlukan usaha dari diri sendiri, yaitu dengan melakukan pengembangan diri. Kesadaran akan adanya kekurangan diri dan masih rendahnya kualitas diri akan menjadi pendorong dalam usaha pengembangan diri.

Dalam proses pengembangan diri, kita mesti sadar terlebih dahulu bahwa kita sebagai manusia selalu memiliki kekurangan. Kekurangan pasti akan selalu ada. Kekurangan tersebutlah yang harus diperbaiki terus-menerus.

Kesadaran yang tinggi terhadap kekurangan yang dimiliki akan meningkatkan kemauan dan motivasi untuk terus belajar. Kemauan dan motivasi tersebut harus dipertahankan agar tidak anjlok.

Cara mempertahankan kemauan dan motivasi adalah dengan memahami bahwa ilmu pengetahuan dalam pengembangan diri tidak akan pernah habis. Godaan dalam pengembangan diri juga akan selalu ada dan akan semakin berat seiring dengan meningkatnya kualitas diri. Semakin banyak belajar, kita akan semakin sadar bahwa masih banyak ilmu yang harus dipelajari.

Musuh dari proses pengembangan diri adalah sifat angkuh dan sombong. Jika sifat ini muncul maka seseorang akan merasa dirinya lebih baik dari orang lain. Sifat ini akan mematikan usaha memperbaiki diri. Oleh karena itu sifat angkuh dan sombong harus di buang jauh-jauh. Sekecil apapun sifat angkuh dan sombong harus dimusnahkan agar tidak menjadi penyakit dalam hati.

Kualitas diri tidak bisa terbentuk hanya dalam waktu sehari, dua hari, seminggu atau sebulan. Kualitas diri terbentuk dari pengasahan diri selama bertahun-tahun dan mempertahankannya secara terus-menerus. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, lakukanlah pengembangan kualitas diri. Jika ditunda maka akan semakin terlambat.
5 Blogger Jambi: Cara Mengembangkan Potensi Diri Potensi atau kualitas diri tidak bisa meningkat begitu saja. Meningkatkan kualitas diri memerlukan usaha dari diri sendiri , yaitu dengan me...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >