+ -

Pages

Cara Menjadi Orang Yang Pemberani

Coba Anda buka kembali buku-buku sejarah terdahulu. Di sana akan Anda temukan bahwa mereka yang tercatat namanya dalam sejarah adalah orang-orang yang pemberani. Meraka adalah orang-orang yang menggetarkan dunia.

Pada mulanya mereka adalah orang-orang yang melawan arus. Akibatnya mereka jatuh, teraniaya, dikucilkan dan menderita. Namun karena keberaniannya akhirnya mereka bangkit dan berjuang mengukir sejarah.

Pemimpin-pemimpin dunia berasal dari orang-orang yang pemberani. Mereka selalu berdiri di garda paling depan. Sedangkan pengikutnya berlindung di belakangnya.

Menjadi orang yang pemberani adalah suatu keharusan. Sebab dunia ini adalah milik orang-orang yang pemberani. Tidak ada tempat untuk orang-orang yang pengecut.

Namun begitu dunia ini masih kekurangan orang-orang yang pemberani. Banyak pemimpin-pemimpin yang muncul sekarang ini adalah pemimpin-pemimpin yang pengecut. Mereka takut mengambil resiko, takut memutuskan masalah dan tidak melakukan perubahan. Mereka mengambil hak-hak orang lain, menganiaya orang lain, korupsi dan lain-lain.

Berikut adalah cara menjadi orang yang pemberani:

  1. Perkuat iman dan berdoalah. Orang yang pemberani adalah orang yang memiliki mental yang kuat. Mereka adalah orang yang optimis, berkepribadian dan teguh pendirian. Sikap-sikap seperti itu bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki iman yang kuat, beribadah dan berdoa.
  2. Belajar dan perbanyaklah ilmu. Penyebab ketidakberanian adalah ketidaktahuan dan ketidakmengertian. Semakin banyak tidak mengerti atau tidak tahu tentang suatu hal maka akan menyebabkan keragu-raguan. Sikap ragu-ragu menyebabkan timbulnya rasa takut. Jika Anda ingin berani maka perbanyaklah belajar dan mencari ilmu. Orang yang banyak ilmu adalah orang yang tahu dan mengerti. Ketika mereka tahu dan mengerti, maka akan meningkatkan keyakinan dalam dirinya. Sikap yakin akan memunculkan keberanian.
  3. Bersikaplah jujur dan hindari kebohongan. Jujur itu hukumnya wajib. Jika Anda berbohong berarti anda melawan kata hati. Melawan kata hati berarti membunuh mental sendiri. Kata hati tidak boleh dilawan, sebab kata hati adalah sahabat yang ada di dalam diri dan akan setia dimanapun dan kapanpun Anda berada.
  4. Kenali kelebihan dan kekurangan diri. Carilah apa kelebihan Anda, kemudian tingkatkan semua kelebihan itu. Cari juga kekurangan diri Anda, kemudian kurangi. Cari juga apa yang Anda takutkan, kemudian lakukan apa-apa yang Anda takutkan itu. Semakin sering Anda melawan apa yang Anda takutkan maka Akan semakin tidak takut.
  5. Kenalilah sifat-sifat orang yang pemeberani dan kemudian merasalah menjadi orang yang pemberani. Orang yang pemberani adalah orang-orang yang percaya diri, optimis, punya keyakinan yang kuat. Tanamkan perasaan seperti itu dalam diri Anda.
  6. Ambil tindakan yang mengandung resiko. Tapi harus hati-hati, mengambil tindakan beresiko tidak sama dengan nekat. Bedakan antara keduanya.
  7. Lakukan yang terbaik. Apapun kegiatan Anda, dimanapun dan kapanpun, apakah itu penting atau tidak penting, besar atau kecil, tetap lakukanlah yang terbaik. Hiduplah menjadi orang yang terbaik.
5 Blogger Jambi: Cara Menjadi Orang Yang Pemberani Coba Anda buka kembali buku-buku sejarah terdahulu. Di sana akan Anda temukan bahwa mereka yang tercatat namanya dalam sejarah adalah orang-...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >