+ -

Pages

Cara Menjaga Hati Agar Tetap Bersih

Hati merupakan aset barharga yang dimiliki oleh manusia. Hati menyuarakan suara kebenaran sehingga bisa menjadi petunjuk bagi setiap manusia. Suara kebenaran tidak akan terdengar oleh manusia jika hati masih dipenuhi oleh kotoran. Oleh sebab itu hati harus dijaga dengan baik agar kebersihan hati selalu terjaga.

Berikut ini adalah cara menjaga hati agar tetap bersih.
  1. Jangan pernah membenci siapa pun. Seandainya Anda dibenci, maka jangan ikut membalasnya dengan membenci. Jika Anda disakiti, jangan membalasnya dengan menyakiti. Jangan masukkan semua kebencian ke dalam hati. Buang saja jauh-jauh semua kebencian itu.
  2. Jangan pernah menjelek-jelekkankan orang lain. Jangan pula mendengarkan omongan yang tidak baik tentang orang lain. Semua itu hanya akan merusak hati dan pikiran Anda.
  3. Bantulah orang yang membutuhkan bantuan Anda semampu Anda. Jangan terlalu berlebihan dalam membantu. Bantulah walaupun orang yang Anda bantu tidak menyukai Anda, atau sebelumnya ia tidak pernah membantu Anda, atau Anda tahu suatu saat nanti orang yang Anda bantu itu tidak akan pernah mau membantu Anda. Jangan ambil pusing dengan hal tersebut, sebab suatu saat nanti pasti akan selalu ada bantuan untuk Anda.
  4. Jangan terlalu banyak menuntut, sebab dapat menyebabkan Anda berhutang jika tuntutan Anda dikabulkan.
  5. Jangan terlalu banyak membela diri. Akui saja jika Anda memang salah. Seandainya Anda memang tidak salah, maka beri alasan singkat.
5 Blogger Jambi: Cara Menjaga Hati Agar Tetap Bersih Hati merupakan aset barharga yang dimiliki oleh manusia. Hati menyuarakan suara kebenaran sehingga bisa menjadi petunjuk bagi setiap manusia...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >