+ -

Pages

Migrasi dari WordPress ke Blogger

Setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan hosting blog ini dari hosting sendiri yang menggunakan WordPress ke hosting di Blogger (Blogspot).

Alasan saya memindahkan hosting ini dari WordPress ke Blogger adalah karena saya tidak ingin lagi repot-repot mengurus pengaturan-pengaturan yang terdapat di mesin WordPress. Pada umumnya WordPress memiliki banyak pengaturan, baik itu pengaturan tampilan maupun pengaturan plugin. Selain itu, WordPress terlalu sering update, baik itu update versi WordPress maupun update plugin.

Hal ini berbeda dengan Blogger yang pengaturannya tidak terlalu banyak. Update versi dan update plugin malah tidak ada sama sekali. Semuanya itu sudah diatur oleh pihak Blogger. Oleh karena itu, dengan menggunakan Blogger ini, saya bisa fokus membuat posting. Saya tidak perlu lagi disibukkan dengan update versi dan update plugin.

Selain itu, Blogger memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan WordPress hosting sendiri. Keamanan blog di Blogger dijaga langsung oleh pihak Blogger, sedangkan keamanan di WordPress harus dijaga sendiri oleh penggunanya.

Namun begitu, bukan berarti Blogger lebih baik daripada WordPress. Ada hal-hal dimana WordPress juga lebih baik dari pada Blogger. Misalnya, WordPress lebih SEO daripada Blogger. SEO-nya pun bisa lebih ditingkatkan. Kenapa bisa begitu dan bagaimana caranya? Coba cari saja informasinya di Google. Saya juga kurang paham untuk menjelaskannya.

Dengan SEO yang baik tersebut, maka banyak webmaster menganjurkan untuk menggunakan WordPress hosting sendiri jika blog digunakan untuk bisnis. Kalau blog hanya untuk sekedar hobi saja, saya menganjurkan untuk menggunakan Blogger saja.

Untuk melakukan pemindahan posting-posting yang ada di WordPress ke Blogger, saya menggunakan aplikasi yang terdapat di http://wordpress2blogger.appspot.com/. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, posting saya yang jumlahnya 721 posting di WordPress, akhirnya bisa saya pindahkan semuanya ke Blogger.
5 Blogger Jambi: Migrasi dari WordPress ke Blogger Setelah mempertimbangkan beberapa hal, akhirnya saya memutuskan untuk memindahkan hosting blog ini dari hosting sendiri yang menggunakan Wo...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >