+ -

Pages

Cara Melawan Sikap tidak Konsisten dalam Hidup

Tidak ada orang yang sempurna dalam hidup ini. Hal ini adalah hal yang perlu diakui oleh semua orang. Namun, ada upaya yang bisa dilakukan untuk bisa sedekat mungkin meraih kesempurnaan yaitu dengan bersikap konsisten pada tujuan kita. Berkomitmen dan konsisten pada suatu hal memang cukup sulit untuk dilakukan karena ada saja hal-hal yang menghalangi kita untuk bisa melakukannya.

Ada kalanya kita tidak bisa konsistensi pada hal  yang sudah kita rencanakan. Hal ini sangatlah wajar adanya namun bila kita terus menerus berupaya, kegagalan-kegagalan ini tidak akan menjadi sebuah masalah yang berarti. Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk belajar menjadi orang yang konsisten pada apa yang sudah Anda rencanakan yaitu:

1. Menuliskan tujuan Anda

Banyak orang yang berjanji dalam hati untuk bisa konsisten pada suatu hal misalnya saja berolahraga 3 kali seminggu, namun dalam kenyataannya mereka tidak mampu memenuhi janji tersebut. Tujuan ini akan jauh lebih berkesan dan lebih berarti bila dituliskan pada selembar kertas, dan akan lebih baik lagi bila ditempelkan di tempat yang mudah terlihat. Menuliskan tujuan pada selembar kertas adalah bentuk awal dari sebuah komitmen dan hal ini akan menjadi sebuah pengingat akan apa yang Anda ingin lakukan. Bila Anda berhasil melakukannya dalam jangka panjang, maka hal ini akan menjadi sebuah kebiasaan dan Anda tidak perlu lagi menuliskannya diatas selembar kertas.

2. Melakukan percobaan selama 30 hari

Bila Anda sudah menetapkan satu tujuan atau satu hal yang ingin Anda lakukan, maka tantanglah diri Anda untuk melakukan hal tersebut selama 30 hari berturut-turut. Contohnya saja, Anda ingin belajar bangun lebih pagi, maka konsistenlah untuk bangun pagi selama 30 hari dan Anda bisa merasakan bahwa hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan tersendiri. Waktu 30 hari dipilih karena Anda akan jauh lebih mudah melakukan perhitungan dan jangka waktu tersebut dianggap cukup untuk melatih fisik dan mental untuk menyesuaikan diri terhadap sebuah aktivitas baru dan secara tidak langsung, tubuh dan pikiran Anda akan bisa melakukannya secara otomatis.

3. Mulai dari hal yang kecil

Setiap orang tentunya memiliki tujuan yang besar yang ingin dicapai. Misalnya saja, seseorang ingin menghadapi rasa takutnya untuk berbicara di depan publik. Upaya untuk bisa menghadapi ketakutan ini tentunya bisa dimulai dari hal yang kecil misalnya mencoba berbicara didepan beberapa orang misalnya teman atau keluarga, kemudian perlahan-lahan belajar untuk berbicara di depan lebih banyak orang termasuk orang asing ataupun belajar berbicara mengenai topik yang lebih sulit. Mulailah dari hal yang kecil dan lakukan secara terus menerus hingga bisa mencapai tujuan akhir yang diinginkan.
5 Blogger Jambi: Cara Melawan Sikap tidak Konsisten dalam Hidup Tidak ada orang yang sempurna dalam hidup ini. Hal ini adalah hal yang perlu diakui oleh semua orang. Namun, ada upaya yang bisa dilakukan u...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >