+ -

Pages

Membangun Rasa Percaya Diri

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang penampilan fisiknya menarik namun terlihat dengan jelas bahwa orang tersebut tidak memiliki rasa percaya diri? Hal ini sering terjadi dan bukan tidak mungkin hal ini terjadi pada Anda. Rasa percaya diri adalah salah satu nilai lebih yang dimiliki oleh sebagian orang, yang membuat mereka tampil dan terlihat jauh lebih menarik.

Penampilan yang menarik bukanlah menjadi sebuah pertanda bahwa seseorang itu memiliki rasa percaya diri yang tinggi pula. Bila seseorang menjadi percaya diri hanya bila memiliki penampilan yang menarik, maka rasa percaya diri yang dimilikinya adalah rasa percaya diri yang semu. Untuk bisa membangun rasa percaya diri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dan bisa dipraktekkan oleh setiap orang yaitu:

Mengakui keunikan diri

Ingatlah bahwa Anda adalah orang yang unik. Tidak ada satu orang lain pun yang ada di dunia ini yang sama dengan Anda.

Tetapkan sebuah tujuan dan bekerjalah untuk mencapainya

Anda bisa menetapkan sebuah tujuan dan doronglah diri Anda untu bisa meraih tujuan tersebut. Tujuan tersebut  bisa berupa apa saja baik dari hal kecil maupun hal besar. Saat Anda berhasil mencapai tujuan tersebut, rasa percaya diri Anda akan meningkat karena Anda percaya bahwa Anda mampu untuk melakukan sesuatu jika Anda sudah meniatkannya.

Hadapi rasa takut Anda

Setiap orang memiliki rasa takut. Kenali rasa takut ini dan hadapilah dengan berani. Bila Anda merasa takut untuk berbicara di depan umum, ambillah kelas pidato. Hadapi ketakutan Anda dan nikmati rasa percaya diri yang muncul saat Anda berhasil melakukan apa yang selama ini Anda takuti.

Berikan perhatian untuk diri Anda

Anda perlu memberikan perhatian untuk diri Anda sendiri. Menjaga pola hidup  yang sehat dengan rajin berolahraga, makan makanan sehat dan menjaga kondisi fisik akan membuat Anda merasa bangga dan percaya terhadap diri Anda sendiri.

Pisahkan diri Anda dari apa yang terjadi

Anda adalah diri Anda sendiri. Anda tidak bisa didefinisikan dengan apa pendapat orang mengenai Anda ataupun segala kejadian yang terjadi pada diri Anda. Jangan biarkan hal yang ada diluar Anda mempengaruhi citra Anda terhadap diri sendiri apalagi mendorong Anda untuk menciptakan citra diri yang jelek.

Berikan yang terbaik yang Anda bisa

Saat Anda sudah memberikan yang terbaik yang Anda bisa pada sesuatu hal, Anda akan merasa puas dan bangga dengan diri sendiri. Hal ini akan mampu meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Berikan penghargaan terhadap diri Anda untuk pencapaian yang sudah Anda raih

Jangan pernah meremehkan pencapaian yang sudah Anda capai, sekecil apapun itu. Banyak orang yang merasa bahwa apa yang mereka capai adalah keberuntungan semata. Terimalah kenyataan bahwa Anda sudah berkontribusi dan berhasil melakukan pencapaian dalam hal apapun secara wajar dan tidak berlebihan, untuk membantu menjaga dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.
5 Blogger Jambi: Membangun Rasa Percaya Diri Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang penampilan fisiknya menarik namun terlihat dengan jelas bahwa orang tersebut tidak memiliki ras...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >