+ -

Pages

Pola Pikir Seorang Pemenang

Menjadi seorang pemenang tidak hanya berkaitan dengan apa yang sudah dilakukan oleh orang tersebut, melainkan juga dengan pola pikir yang dimilikinya. Pola persaingan yang ada di dunia saat ini membuat setiap orang terbiasa untuk membandingkan diri mereka dengan orang lain. Hal ini seakan-akan mengatakan bahwa kesuksesan seseorang tergantung pada kesuksesan orang lain. Segala sesuatu yang mereka lakukan selalu diukur dari seberapa suksesnya orang lain. Hal seperti ini terjadi pada setiap level kehidupan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Walaupun persaingan memiliki efek positif dalam arit hal ini bisa memacu seseorang untuk terus maju untuk bisa menjadi lebih baik, hal ini bisa juga memiliki dampak negatif tentang cara pandang atau pola pikir seseorang terhadap diri dan lingkungannya. Secara umum, ada tiga pola pikir yang berkembang di masyarakat yaitu:

1. Pola pikir atau mentalitas kemenangan

Mereka yang memiliki pola pikir ini adalah mereka yang memahami bahwa mereka memiliki kemampuan untuk bisa sukses dan mereka juga paham bahwa kemenangan bisa tercapai bukan saat orang lain kalah melainkan saat orang lain menang.

2. Pola pikir atau mentalitas kekalahan

Mereka dengan pola pikir seperti ini menganggap bahwa mereka tidak akan pernah bisa mencapai sesuatu yang bisa mereka banggakan. Hal ini bukan hanya berdampak pada ketidakmauan mereka untuk melakukan sesuatu, namun dalam bentuk yang ekstreme, mereka juga akan berpikir bahwa orang lain juga tidak patut untuk bisa mencapai kesuksesan. Mereka yang memiliki pola pikir ini cenderung bersifat negatif dan juga cenderung untuk selalu mengkritik rencana kesuksesan orang lain.

3. Pola pikir atau mentalitas menang kalah

Mereka yang memiliki pola pikir ini adalah mereka yang terus menerus membandingkan diri mereka dengan orang lain. Rasa puas hanya akan muncul saat mereka bisa mengalahkan orang lain atau saat orang lain mengalami kekalahan.

Menjadi seorang pemenang seharusnya tidak bergantung pada kegagalan orang lain. Mereka yang ingin menjadi pemenang haruslah mulai menyingkirkan rasa iri dan dengki terhadap mereka yang sukses. Berbahagialah untuk orang lain yang sudah mendapatkan kesuksesan mereka dan teruslah bekerja untuk bisa mencapai kesuksesan Anda sendiri.

Jangan sekali-kali membandingkan kesuksesan diri pribadi dengan kesuksesan orang lain, tapi bandingkanlah kesuksesan tersebut dengan apa yang ingin Anda capai. Setiap orang tentunya memiliki keinginan yang berbeda serta pola pikir yang berbeda mengenai apa yang dimaksud dengan sukses.

Melakukan perbandingan dengan orang yang berada pada jalur yang berbeda hanya akan menjadi sebuah masalah bagi pengembangan diri sendiri. Berfokuslah pada apa yang ingin Anda capai, tetapkan tujuan Anda, bekerjalah untuk mencapai tujuan tersebut dan berbahagialah saat Anda berhasil menjadi pemenang saat Anda mencapai tujuan Anda, terlepas dari apapun pendapat orang lain.

5 Blogger Jambi: Pola Pikir Seorang Pemenang Menjadi seorang pemenang tidak hanya berkaitan dengan apa yang sudah dilakukan oleh orang tersebut, melainkan juga dengan pola pikir yang di...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >