+ -

Pages

Upaya Penguatan Motivasi Diri

Sering kali orang berbicara tentang motivasi namun tidak banyak orang yang benar-benar memahami apa motivasi itu. Motivasi adalah sebuah dorongan yang berasal dari dalam diri seseorang untuk mencapai satu tujuan tertentu.

Apa yang menjadi tenaga pendorong sehingga munculnya motivasi? Bisa dikatakan bahwa ambisi dan keinginan adalah tenaga pendorong motivasi yang tanpa ada keduanya, maka tidak ada yang disebut dengan motivasi.

Bila seseorang memiliki motivasi yang kuat, maka dirinya akan mau dan mampu berbuat apa saja sehingga tujuannya dapat tercapai.

Jangan salah memahami bahwa motivasi ini hanya berlaku untuk hal-hal  yang besar, karena sesungguhnya motivasi ini dapat diterapkan untuk segala jenis tujuan baik besar maupun kecil, misalnya termotivasi untuk menjadi seorang pebisnis yang sukses, ingin bisa membuat kue yang enak, bisa menyelesaikan sekolah dalam waktu singkat dan masih banyak lagi hal yang lainnya.

Sayangnya tidak semua orang memiliki motivasi untuk mencapai tujuan tertentu atau ada juga mereka yang memiliki motivasi yang tidak bisa bertahan lama. Hal ini wajar adanya karena dalam upaya mencapai tujuan, selalu ada halangan dan rintangan yang menghadang, yang ada kalanya membuat semangat seseorang menjadi layu dan tidak berkembang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk memperkuat motivasi mereka sehingga bisa mencapai tujuan yang dimaksud. Beberapa tips untuk memperkuat rasa motivasi yang bisa dipraktekkan oleh setiap orang adalah:

Memiliki tujuan yang jelas dan spesifik

Seseorang yang memiliki tujuan yang benar-benar jelas akan memiliki gambaran mental yang lebih jelas mengenai apa yang ingin mereka raih dan bagaimana cara meraihnya. Hal ini juga akan sangat membantu dalam membangkitkan kekuatan yang ada dalam diri seseorang

Bergaul dengan mereka yang memiliki motivasi untuk terus maju dan sukses

Pergaulan bisa sangat mempengaruhi sikap seseorang. Mereka  yang bergaul dengan orang yang sukses dan mau maju secara tidak langsung akan memiliki keinginan untuk terus maju. Perilaku positif seperti ini menular terhadap orang lain sehingga pastikan untuk selalu bergaul dengan orang-orang yang tepat

Menciptakan tujuan jangka pendek yang akan mengarah pada keberhasilan tujuan jangka panjang

Memiliki tujuan jangka panjang yang jelas adalah hal yang sangat baik. Namun ada kalanya waktu yang terlalu lama untuk bisa mencapai tujuan tersebut membuat sebagian orang berhenti di tengah jalan. Ada baiknya untuk menciptakan tujuan jangka pendek yang lebih mudah diraih yang pada akhirnya akan memudahkan jalan mencapai tujuan jangka panjang tersebut

Terus menerus menyakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa dan pasti sukses

Hal ini disebut dengan afirmasi

Perbanyak pengetahuan mengenai subjek atau tujuan yang ingin dicapai

Hal ini akan mampu membuat rasa antusias Anda untuk tetap hidup

5 Blogger Jambi: Upaya Penguatan Motivasi Diri Sering kali orang berbicara tentang motivasi namun tidak banyak orang yang benar-benar memahami apa motivasi itu. Motivasi adalah sebuah dor...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >