+ -

Pages

Cara Cerdas Memotivasi Buah Hati Tercinta

Memiliki buah hati adalah salah satu anugerah yang tak ternilai harganya. Bahkan banyak orang rela membayar dengan apapun agar bisa memiliki anak kandung sendiri. Akan tetapi ketika kita sudah memiliki buah hati, kita malah menjadi orang tua yang kolot yang membuat buah hati merasa tidak nyaman bahkan membangkang. Tentu saja kondisi seperti ini sangat menyedihkan. Terutama untuk mereka yang memang sedang dalam masa berkembang dan memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar.

Nah, bagaimanakah menjadi teman terbaik para buah hati kita dengan memotivasi mereka dengan benar?

1. Mengakui Kesalahan

Akuilah bahwa terkadang orang tua juga seringkali melakukan kesalahan yang menyakiti hati anak-anak kita. Jangan gengsi atau sungkan untuk meminta maaf dan mengatakan bahwa Anda tahu Anda salah telah menyakiti mereka dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali. Dengan begitu secara tidak langsung buah hati Anda akan belajar bagaimana cara menghargai seseorang dan juga mencontohkan cara meminta maaf.

2. Jangan Pelit Memberi Pujian

Tahukah Anda bahwa buah hati sangat membutuhkan pujian agar mereka bahagia dan merasa bahwa hasil kerjanya juga dihargai walaupun terkadang hanya hal-hal sepele yang menurut orang dewasa tidak begitu penting. Dengan begitu mereka pasti akan termotivasi untuk melakukan dengan lebih baik lagi di kemudian hari.

3. Beri Fasilitas dan Dukungan

Dukung dan fasilitasi anak dalam mengembangkan kreatifitasnya terutama dalam masa kanak-kanak. Dunia mereka adalah dunia bermain, tetapi Anda bisa membuat dunia bermain sekaligus berlajar dengan permainan dan alat bantu mainan yang bermanfaat dan sesuai dengan usianya. Ada banyak edu-toys yang saat ini bisa dibeli yang secara aktif membuat anak-anak gemar belajar banyak hal. Yang tadinya mereka membenci matematika malah jadi bersemangat matematika dengan adanya mainan yang menunjang.

4. Berkatalah yang Baik

Ketika mereka melakukan kesalahan jangan ucapkan kata-kata kasar, makian atau umpatan. Berilah mereka kesempatan untuk menjelaskan duduk perkaranya mengapa mereka sampai harus berbuat salah. Kemudian peluk dan katakan bahwa Anda memaafkan mereka dan berjanjilah untuk tidak mengulangi hal tersebut lagi.

Beberapa cara lainnya bisa dengan menjadi teman anak dalam membaca cerita sebelum tidur. Ajaklah mereka membeli buku-buku yang mereka sukai karena dengan membaca artinya mereka akan terbuka dengan banyak pengetahuan yang baik.

Jadilah teman buah hati Anda dan ajaklah mereka menyampaikan keinginannya dengan bebas dan jangan menyela. Tanyakan mengapa mereka ingin seperti itu karena dengan begitu akan tumbuh rasa percaya kepada Anda sebagai orang tuanya yang juga selalu terbuka dengan mereka. Memotivasi anak tidaklah harus dengan bentakan dan kata-kata kasar karena justru akan mematikan kreativitas dan kepercayaan diri mereka.
5 Blogger Jambi: Cara Cerdas Memotivasi Buah Hati Tercinta Memiliki buah hati adalah salah satu anugerah yang tak ternilai harganya. Bahkan banyak orang rela membayar dengan apapun agar bisa memiliki...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >