+ -

Pages

Kiat Sukses Untuk Pengembangan Diri dengan Baik

Sebagai manusia tentu saja kita wajib mengembangkan diri ke arah yang lebih baik dan positif. Tetapi tentu saja semua itu tidak semudah membalik telapak tangan. Kadangkala, karena pergaulan yang terlampau bebas, kepribadian kita berubah ke arah yang negatif dan akibatnya kehancuran terpampang dengan jelas di depan mata kita.

Mengembangkan diri memang bukanlah ilmu pasti seperti matematika atau fisika. Pengembangan diri merupakan ilmu psikologi dan sosial yang perlu kita pelajari. Dalam menerapkan ilmu tersebut memerlukan banyak dukungan, motivasi dan keyakinan baik dari diri kita sendiri dan juga orang-orang terdekat.

Bagaimana caranya agar perkembangan diri kita bisa maksimal melalui diri kita sendiri? Pernahkah Anda membandingkan kehidupan diri Anda dan orang lain ketika seseorang itu jauh lebih sukses di atas Anda atau tidak sukses dan berada di bawah Anda?

Kesuksesan atau kegagalan tidak semata-mata karena nilai akademik yang selalu di atas rata-rata atau juga faktor relasi dan keberuntungan. Kesuksesan adalah bagaimana kita bersikap dan membawakan diri kita di depan orang  banyak dan di lingkungan kita sendiri, apakah cukup baik ataukah kita seperti membangun tembok besar yang tinggi?

Tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang memiliki kepribadian yang supel pasti jauh lebih mudah dalam mendapatkan teman, relasi dan kerabat meskipun baru saja datang di tempat yang baru. Pribadi seperti ini biasanya jauh lebih disenangi.

Salah satu cara untuk mengembangkan diri dengan baik adalah dengan memperluas pergaulan. Bergaullah dengan siapa saja dari semua kalangan, agama, tingkat sosial, suku, ras tanpa membedakan apapun akan membuat pikiran Anda segar, lebih terbuka dan Anda pasti akan mengenal banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Otomatis ini akan memberi pelajaran bagi diri Anda sendiri dan Anda bisa berkembang perlahan-lahan sesuai dengan keinginan Anda.

Jika Anda ingin menjadi sukses dan baik maka belajarlah dari mereka yang sukses, tetapi jika Anda ingin hancur maka belajarlah dari mereka yang hancur. Pandai membawakan diri maka Anda akan dihargai. Penghargaan terhadap orang lain sekecil apapun sangatlah penting dan Anda juga akan senang ketika ada orang lain yang menghargai Anda dengan baik.

Selain itu tanamkan dalam diri Anda motivasi untuk hidup Anda ke depannya. Apa yang ingin Anda raih dan apa yang ingin Anda dapatkan. Tentu semuanya membutuhkan bantuan dari banyak pihak sehingga Anda bisa mendapatkan ilmu, pengalaman, pengetahuan yang luas demi pengembangan diri ke arah yang lebih baik.

Terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun juga akan membuat Anda menjadi lebih baik dalam mengkoreksi kekurangan, kesalahan yang ada pada diri Anda dan kemudian nanti Anda akan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik dan sempurna dari sebelumnya. Dibalik semua itu, ilmu pengembangan diri adalah sebuah proses yang juga membutuhkan waktu seiring dengan pengalaman yang Anda dapatkan.
5 Blogger Jambi: Kiat Sukses Untuk Pengembangan Diri dengan Baik Sebagai manusia tentu saja kita wajib mengembangkan diri ke arah yang lebih baik dan positif. Tetapi tentu saja semua itu tidak semudah memb...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >