+ -

Pages

Mengubah Tantangan Hidup Menjadi Motivasi untuk Mengembangkan Diri

Selama kita hidup, pastilah pribadi kita terus berubah. Dimulai dari masa kanak-kanak yang polos, lalu ke masa remaja yang penuh rasa ingin tahu dan ke masa dewasa yang juga menjadi pilihan apakah kita akan sukses atau gagal ditengah jalan.

Semua masa dalam kehidupan memiliki masalah dan tantangannya sendiri-sendiri. Kita bisa sukses dan terus berkembang selama bisa memilih jalan yang benar dan positif. Ketika menghadapi suatu masalah atau kendala dalam hidup apakah kita terus langsung putus asa?

Kebanyakan akan lari ke jalan yang salah seperti narkoba, minum-minuman, dunia malam dan semua hal yang negatif lalu kemudian hanya akan menyesali atas waktu yang telah terbuang dengan sia-sia.

Usaha pengembangkan diri adalah tindakan yang sangat penting karena dengan begitu kepribadian, kualitas hidup, tata cara bergaul dan berteman juga akan berubah. Akan sangat berbeda antara mereka yang memiliki pola hidup dan mampu mengembangkan diri dengan baik dengan yang hanya asal jalan ikut arus. Ini merupakan sebuah pilihan dalam hidup yang terkadang membuat kita sulit dalam melangkah. Kenapa tidak kita jadikan semua itu motivasi untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi?

Di saat hidup sedang terasa sulit, masalah datang bertubu-tubi, janganlah lari ke dalam jurang dosa. Dekatkan diri dengan Tuhan dengan berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Merenung atau koreksi diri atas apa yang terjadi dan berusaha bangkit kembali dengan semangat yang baru akan jauh lebih baik.

Justru Anda akan sangat bersyukur ketika Tuhan memberikan cobaan yang akhirnya malah menyelamatkan hidup Anda dan menuntun Anda ke jalan yang lebih baik lagi. Mampu mengembangkan diri bukan berarti harus dibuktikan dengan harta yang berlimpah dan pamer kekayaan terhadap yang kekurangan. Ini lebih kepada kepribadian diri Anda.

Salah satu contoh nyata ketika Anda berhasil mengembangkan diri dengan baik adalah saat dimana Anda mampu mengontrol emosi Anda dan tetap berusaha berpikiran positif dan memiliki cara pikir yang terbuka bahkan disaat keadaan tersulit sekalipun. Kontrol diri bukanlah hal yang sepele, membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk menjadi pribadi yang matang dan dewasa sepenuhnya dalam mengambil sikap dan tindakan atas apa yang terjadi.

Bersyukur atas anugerah dan kehidupan yang Anda dapatkan dan berusaha menjadi lebih baik lagi disaat keadaan yang sulit adalah salah satu bukti bahwa diri Anda terus berkembang kearah yang jauh lebih baik.

Pengembangan diri tidak bisa hanya diberikan secara teori tetapi pada prakteknya setiap individu akan menemukan kendala dan jalan terjalnya sendiri-sendiri. Semua tidak mudah tetapi pasti bisa diatasi. Masalah adalah pelajaran berharga yang akan menjadi pengalaman dalam hidup kita untuk mengambil langkah lagi kedepannya.
5 Blogger Jambi: Mengubah Tantangan Hidup Menjadi Motivasi untuk Mengembangkan Diri Selama kita hidup, pastilah pribadi kita terus berubah. Dimulai dari masa kanak-kanak yang polos, lalu ke masa remaja yang penuh rasa ingin ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >