+ -

Pages

Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak

Motivasi belajar yang tinggi merupakan hal penting yang harus ada pada setiap anak. Dengan adanya motivasi, seorang anak tidak lagi perlu menjadi seseorang yang selalu dipaksa untuk belajar. Dengan motivasi yang tinggi, semangatnya untuk maju pun akan lebih tinggi.

Tapi sayangnya, tidak semua anak – anak kita memiliki motivasi belajar yang tinggi. Ada berbagai faktor yang mungkin mempengaruhi. Agar motivasi belajar anak dapat terus terpacu, berikut beberapa tips yang bisa Anda pelajari.

Memberikan Nilai Berupa Angka

Nilai berupa angka -angka yang baik merupakan salah satu hal yang dapat memotivasi seorang anak untuk terus belajar dengan baik sehingga dapat mempertahankan pencapaiannya. Seorang siswa akan semakin bersemangat ketika ia tahu bahwa ia berhasil belajar yang dibuktikan dengan deretan nilai baik di dalam rapor. Karena besarnya motivasi dari nilai-nilai ini, sebaiknya guru tidak hanya menilai dari segi kognitif saja, tapi juga dari segi afektif.

Pemberian Reward atau Hadiah

Ketika seorang anak dijanjikan sebuah hadiah jika ia bisa mencapai sebuah prestasi, tentunya si anak akan lebih bersemangat dan berusaha lebih kuat untuk mencapai prestasi tersebut. Memberikan hadiah semacam ini cukup baik untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Akan tetapi, tentu ada batasan-batasan pada waktu dan tingkat kesulitan yang harus dicapai. Walaupun dapat memotivasi, bukan berarti Anda bisa memberikan hadiah terus-menerus yang juga akhirnya tidak baik untuk pemahaman si anak. Reward berupa pujian atas pencapaian kecil yang didapatnya juga bisa menjadi hadiah yang bermakna yang dapat meningkatkan motivasinya. 

Ajarkan Kompetisi Sehat

Setiap anak pasti memiliki teman di sekolah yang membuatnya senang dan belajar bersosialisasi. Hal ini juga bisa menjadi cara memotivasi belajar anak dengan mengajarkan kompetisi sehat bersama teman-temannya. Ketika si anak paham bahwa temannya merupakan saingan dalam hal prestasi, tentunya ia bisa lebih termotivasi untuk belajar dan memenangkan persaingan atau kompetisi di antara teman-temannya. Di sisi lain, Anda juga harus bisa memberikan pemahaman tentang bagaimana si anak juga harus bisa menerima rasa kecewa ketika kalah dalam persaingan, serta menjadikan kekalahan tersebut sebagai pacuan atau motivasi yang lebih besar lagi.

Ajarkan tentang Kesadaran akan Tanggung Jawab


Memberi pemahaman pada anak tentang tanggung jawabnya sebagai seorang siswa sangatlah penting untuk meningkatkan motivasinya. Ketika ia mendapatkan sebuah tugas, berikan pemahaman bahwa tugas tersebut adalah tanggung jawab yang harus ia selesaikan. Selain itu, tugas juga merupakan tantangan yang harus ia hadapi hingga mencapai nilai yang baik. Agar si anak terbiasa untuk menyelesaikan tanggung jawabnya, sebaiknya buatkan jadwal khusus untuk menyelesaikan tugas yang harus dipatuhi dengan baik. Dengan begitu, si anak akan terbiasa untuk disiplin dan bertanggung jawab atas tugasnya. Ketika ia melakukan sebuah pelanggaran terhadap jadwal, sebuah hukuman kecil yang mendidik dapat menjadi cara memberikan pemahaman pada anak bahwa ia tak bisa seenaknya melalaikan tugas. Hukuman tersebut dapat berupa tugas tambahan membuat kliping yang berhubungan dengan pengetahuan, menulis sebuah essay pendek, dan lain sebagainya.
5 Blogger Jambi: Tips Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Anak Motivasi belajar yang tinggi merupakan hal penting yang harus ada pada setiap anak. Dengan adanya motivasi, seorang anak tidak lagi perlu me...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >