+ -

Pages

Cara Mengatur Diri Agar Bekerja Lebih Efektif

Kebanyakan para pekerja tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya secara efektif karena salah dalam mengatur waktu. Sering kali kita menghabiskan waktu sia-sia hanya untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Kita sering melakukan pekerjaan lain yang tidak terjadwal sehingga pekerjaan utama terabaikan. Akibatnya, pekerjaan sering tertunda dan tidak dapat diselesaikan tepat waktu.

Sebenarnya, kita dapat mengatur diri sendiri untuk bisa lebih disiplin dalam bekerja. Kita harus menghargai waktu dengan tidak mengerjakan hal-hal kecil yang tidak penting yang dapat mengganggu waktu kerja. Dengan begitu, semua pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk menjadikan diri lebih disiplin dan dapat bekerja lebih efektif, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Biasakan membuat jadwal, mengaturnya sesuai prioritas, dan mematuhi jadwal tersebut

Kunci sukses seseorang salah satunya terletak pada bagaimana ia mengatur waktu dan menghargainya. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat jadwal harian tentang apa saja yang akan Anda kerjakan sebelum dimulainya sebuah hari. Atur jadwal tersebut sesuai dengan prioritas. Lakukan pekerjaan yang paling utama yang harus dilakukan terlebih dahulu dan kemudian baru lakukan yang selanjutnya. Patuhi jadwal tersebut untuk mendisiplinkan diri sendiri.

Tulis review setiap pekerjaan    

Ketika Anda telah memahami pekerjaan dengan baik, maka tentu saja sangat mudah untuk melakukan pekerjaan tersebut di lain waktu. Dengan menuliskan review setiap pekerjaan sebelum dan sesudah pekerjaan tersebut dilakukan, maka Anda akan lebih memahami pekerjaan tersebut. Di hari selanjutnya, melakukan pekerjaan berikutnya pasti akan lebih mudah karena adanya panduan dari review sebelumnya.

Non-aktifkan notifikasi dari handphone atau komputer

Waktu bekerja yang sering terbuang juga diakibatkan oleh adanya sosial media atau grup yang Anda ikuti. Konsentrasi Anda saat bekerja sering kali terganggu dengan notifikasi dari media-media tersebut yang tentu saja pada umumnya tidak berhubungan dengan pekerjaan. Sebaiknya, non-aktifkan notifikasi saat bekerja dan mengakses media sosial dan semacamnya hanya pada saat jam istirahat saja.

Mengaktifkan mesin penjawab untuk telepon yang tidak berhubungan dengan pekerjaan

Sebagian besar dari kita sering merasa tidak enak ketika tidak bisa menerima telepon dengan segera, terutama dari keluarga atau sahabat. Akibatnya, kita harus menerima telepon di saat jam kerja dan menunda penyelesaian tugas. Di sisi lain, kita juga tidak mau dianggap sombong ketika harus menolak sebuah panggilan telepon. Agar dilema semacam ini tidak terjadi, ada baiknya untuk mengaktifkan mesin penjawab yang memberikan pesan pada penelpon bahwa Anda akan menghubungi setelah pekerjaan Anda selesai.

Beri reward untuk diri anda sendiri

Siapa saja pasti menyukai sebuah hadiah atau reward, termasuk diri Anda. Tidak ada salahnya jika Anda memberikan reward pada diri Anda sendiri setelah berhasil menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam waktu lebih cepat. Hal ini dapat memberi motivasi pada diri Anda untuk selalu memperbaiki kinerja dengan menyelesaikan tugas sesuai target. Hadiah-hadiah kecil seperti tiket untuk nonton pertunjukkan atau bioskop, belanja, makan di restoran favorit, dan sebagainya bisa menjadi pilihan hadiah yang tepat untuk memanjakan diri Anda sendiri.
5 Blogger Jambi: Cara Mengatur Diri Agar Bekerja Lebih Efektif Kebanyakan para pekerja tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya secara efektif karena salah dalam mengatur waktu. Sering kali kita menghabisk...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >