+ -

Pages

Bijak Menilai Diri Sendiri

Menilai diri sendiri termasuk pekerjaan yang paling susah. Kadang kita kurang jujur pada diri sendiri. Kadang kita kurang bisa menerima kekurangan diri. Akibatnya berpengaruh pada nilai yang kita tetapkan untuk diri sendiri.

Diri kita bisa dinilai oleh teman dekat kita. Jadi kita bisa bertanya kepadanya. Tapi saya tidak percaya seratus persen kepada teman sendiri. Kadang teman yang sering berkata jujur pun mempunyai dorongan untuk berkata bohong. Hati tidak sepenuhnya bersih. Akibatnya ia tidak bisa menilai kita dengan baik akibat dorongan tersebut.

Menurut saya yang sebaiknya menilai diri kita adalah diri kita sendiri, bukan orang lain walaupun orang tersebut adalah teman yang paling jujur sekalipun. Namun masalahnya bagaimana jika kita nanti tidak jujur atau tidak mau menerima kekurangan kita sehingga kita salah menilai.

Caranya adalah dengan banyak belajar dan berlatih. Selalu berlaku jujur, baik jujur untuk diri sendiri maupun jujur untuk orang lain. Buang keangkuhan pribadi dan selalu utamakan kepentingan bersama.

Buka mata, buka telinga dan buka hati. Melihatlah bukan hanya dari sudut pandang sendiri. Melihatlah dari berbagai sudut pandang. Dengarkanlah berbagai hal-hal yang baik, jangan hanya mendengar kemauan sendiri karena kemauan sendiri mengandung banyak keegoisan. Berbuatlah sesuai dengan apa yang diinginkan hati dan jangan membangkang.

Semoga suatu saat kita bisa menilai diri sendiri dengan baik dan menjadikan kita orang yang bijak.
5 Blogger Jambi: Bijak Menilai Diri Sendiri Menilai diri sendiri termasuk pekerjaan yang paling susah. Kadang kita kurang jujur pada diri sendiri. Kadang kita kurang bisa menerima keku...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >