+ -

Pages

Cara Memaksimalkan Pengembangan Diri Anak

Masa anak-anak adalah masa keemasan yang sebaiknya dimaksimalkan dengan hal-hal yang baik. Hal-hal yang positif dan berguna akan bermanfaat bagi kepribadian dan pengembangan dirinya kelak. Nanti akan terlihat berbeda antara anak-anak yang dilatih dan diajari bersikap dan bertutur kata yang baik dan santun dengan anak yang tidak diajarkan tutur kata yang baik dan santun.

Perkembangan diri yang baik atau buruk di waktu kecil akan berkembang hingga mereka dewasa nanti. Karena itu banyak orang mengatakan bahwa orang dewasa urakan, malas dan nakal maka sebenarnya hal tersebut disebabkan karena pola didik masa kecilnya yang salah.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar pengembangan diri anak menjadi lebih baik. Yang pertama adalah dengan cara menanamkan dalam diri Anda sebagai orang tuanya bahwa setiap anak itu berbeda-beda dan perbedaan itu yang menjadikan mereka sebagai pribadi yang unik dan menarik.

Jangan menyamaratakan antara anak yang satu dan anak lainnya karena akan membuat mereka minder atau menjadi sombong. Kita sebagai orang tua harus tahu apa saja kekurangan dan kelebihan mereka sehingga mereka juga bisa memahami dirinya sendiri.

Yang kedua memberikan kesempatan bermain yang cukup kepada anak. Masa anak-anak adalah masa dimana mereka membutuhkan waktu bermain yang cukup banyak. Berikan kesempatan bermain dengan fasilitas bermain yang layak dan pantas. Mainan mereka tidak harus mahal. Anda bisa mengajaknya bermain dengan teman-teman mereka satu kompleks di taman. Dengan bermain, kepribadiannya akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Mereka akan menjadi anak yang supel, mudah bergaul dan pemberani.

Yang ketiga adalah jangan memberi predikat negatif kepada anak seperti kuper, pemalu, pendiam atau lainnya. Jika Anda ingin anak Anda mampu berkembang dengan baik maka Anda harus memberi contoh yang baik kepada mereka. Mereka adalah mahkluk yang meniru orang tuanya. Jika Anda selalu diam saja di rumah dan tidak mau bersosialisasi maka mereka pun akan menjadi seperti itu. Kembangkan diri Anda dengan kursus memasak atau bersosialisasi dengan ibu-ibu tetangga. Anak Anda pasti akan belajar dari apa yang Anda lakukan.

Tetap awasi dan jangan lelah untuk terus memberi contoh yang baik kepada mereka. Pengembangan diri anak akan terus berjalan hingga mereka dewasa. Namun masa keemasan perkembangannya adalah selama 5 tahun usia pertama mereka. Usia tersebut adalah yang paling penting untuk membentuk pribadi, sikap dan emosinya menjadi yang terbaik. Oleh karena itu selalu optimalkan pendidikan karakter meraka pada masa-masa itu.
5 Blogger Jambi: Cara Memaksimalkan Pengembangan Diri Anak Masa anak-anak adalah masa keemasan yang sebaiknya dimaksimalkan dengan hal-hal yang baik. Hal-hal yang positif dan berguna akan bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >