+ -

Pages

Kesalahan yang Membuat Pengembangan Diri Terhambat

Pengembangan diri berarti membiarkan diri agar terus berkembang ke arah yang positif dan lebih baik. Dalam upaya pengembangan diri, Anda harus mau menerima semua kritik dan saran yang membangun dari siapapun. Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah, karena pada dasarnya manusia hanya suka mengkritik dan tidak mau dikritik. Inilah salah satu penyebab terhambatnya perkembangan diri Anda.

Jika Anda merasa perkembangan diri Anda jalan ditempat, maka Anda perlu mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang telah Anda lakukan dalam proses pengembangan diri. Kesalahan-kesalahan dalam pengembangan diri biasanya adalah sebagai berikut.

Bersikap dan memiliki pola pikir bahwa Anda adalah dewa

Ini adalah kasus dimana Anda selalu merasa paling benar dan tahu akan segalanya. Jika Anda terus menerus bersikap seperti ini maka semua informasi, saran dan apa yang akan orang lain sampaikan kepada Anda hanya bisa Anda lewatkan begitu saja. Selalu merasa sebagai orang yang paling benar dan selalu paling tahu penyebab paling utama terhambatnya proses pengembangan diri.

Menjadi orang yang kaku

Jika Anda ingin mengembangkan diri dengan baik dan berhasil maka Anda harus menjadi orang yang fleksibel dan terbuka terhadap semua informasi dan saran. Orang yang kaku sulit beradaptasi dan bergaul dengan orang lain. Padahal proses pengembangan diri membutuhkan pergaulan dengan sesama.

Mudah menyerah

Jangan menjadi orang yang mudah menyerah, apalagi Anda belum mencoba untuk berusaha sama sekali. Ini sama saja dengan pecundang yang sudah kalah sebelum berperang. Jika Anda ragu lebih baik Anda mencari masukan sebanyak mungkin, berbagai macam opini dan pendapat yang baik akan membuat kita semakin mudah dalam mengambil keputusan.

Terlalu banyak mendengarkan omongan orang lain

Terlalu banyak mendengarkan omongan orang lain terus-menerus membuat Anda menjadi stress. Omongan orang lain tidak bisa kita batasi, tidak bisa kita kontrol. Peduli akan opini orang memang baik tetapi ketika Anda terlalu banyak mendengarkan orang lain dan memusingkan perkataan mereka maka Anda akan rugi sendiri.

Hidup dalam dunia orang lain

Memiliki sahabat atau teman dekat yang selalu siap mendengarkan semua keluh kesah kita memang menyenangkan. Namun terlalu masuk ke dalam kehidupannya justru akan membuat perkembangan diri Anda terhambat. Sadar atau tidak terlalu lama berkecimpung dalam dunia seseorang yang sama akan memberi dampak yang kurang baik bagi kehidupan Anda sendiri. Anda perlu hidup di dunia Anda tetapi juga perlu tahu akan kemajuan yang sedang terjadi di sekitar Anda dan bukannya fokus pada dunia satu orang saja.

Beberapa hal di atas mungkin terlihat klise akan tetapi semua akan benar terjadi jika kita terus menerus melakukannya. Ada kalanya merefleksikan diri sendiri dengan hal-hal tertentu sehingga kita sadar perkembangan diri kita sudah sejauh apa, apakah kemajuan atau malah kemunduran.
5 Blogger Jambi: Kesalahan yang Membuat Pengembangan Diri Terhambat Pengembangan diri berarti membiarkan diri agar terus berkembang ke arah yang positif dan lebih baik. Dalam upaya pengembangan diri, Anda har...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >