+ -

Pages

Mengubah Sifat Sendiri

Sungguh kita tidak bisa mengubah sifat seseorang. Yang kita bisa ubah hanyalah sifat diri kita sendiri.

Jadi saya pikir jika seseorang melakukan kesalahan yang bersumber dari sifatnya, maka saya tidak usah mempermasalahkannya selagi kesalahan itu tidak mengganggu orang lain. Mempersalahkannya adalah kebodohan buat saya sendiri.

Kalau saya tidak menyukai apa yang telah dilakukannya, barangkali saja saya salah dalam memandang kesalahannya tersebut.

Saya harus melihat dari sisi orang yang melakukan kesalahan dan memahami mengapa ia sampai melakukannya. Jika ia memiliki alasan yang kuat untuk melakukannya, bisa saja saya yang telah salah menyalahkannya. Jika alasannya lemah, belum tentu juga saya telah benar menyalahkannya.

Saya juga harus melihat dari sisi yang lain. Sisi yang lain itu mungkin saja lebih netral. Jika dilihat dari sisi netral tersebut, bisa saja saya dan ia benar atau saya dan dia salah.

Semua bersifat relatif dan punya banyak kemungkinan. Saya pasti akan salah hanya jika menetapkan bahwa sayalah benar dan dia yang salah. Saya harus membuang jauh-jauh sifat seperti itu.
5 Blogger Jambi: Mengubah Sifat Sendiri Sungguh kita tidak bisa mengubah sifat seseorang. Yang kita bisa ubah hanyalah sifat diri kita sendiri. Jadi saya pikir jika seseorang melak...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >