+ -

Pages

Pengertian Pengembangan Diri

Banyak orang yang merasa telah sangat mengerti tentang apa itu pengembangan diri. Namun kenyataan sebenarnya banyak yang belum paham apa itu pengembangan diri.

Pengembangan diri adalah suatu usaha dimana seseorang bisa belajar, berkembang menjadi lebih maju, baik melalui opini, pengalaman diri sendiri atau orang lain dan juga lingkungan pergaulan.

Pada dasarnya sejak kecil seseorang secara normal akan berkembang. Baik secara fisik, emosional, pola pikir, gaya hidup dan lainnya. Hanya saja tidak semuanya mampu berkembang ke arah yang lebih baik.

Apakah yang mempengaruhi pengembangan diri? Tentu saja dipengaruhi oleh lingkungan, tempat kerja atau tempat tinggal dan dengan siapa kita hidup.

Perkembangan diri membutuhkan motivasi, keinginan yang kuat dan kesadaran untuk mau berubah menjadi lebih baik.

Dalam pengembangan diri, kita harus sadar melihat apa saja kekurangan dan kelebihan yang kita miliki sehingga kita bisa memaksimalkan talenta dan kemampuan yang ada pada diri kita. Jangan memaksa melakukan atau menjadi seseorang yang bukan diri Anda. Jadilah diri sendiri dan seperti apa adanya, namun bukan berarti Anda hanya pasrah pada keadaan.

Jika Anda tahu apa saja kekurangan Anda, maka jangan jadikan semua itu hambatan untuk anda berkembang. Tetapi jadikanlah kekurangan itu sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik dengan menonjolkan kelebihan dan menggunakannya sebaik mungkin.

Adanya kekurangan bukanlah suatu penghalang, tetapi untuk menyeimbangkan karunia Tuhan berupa kelebihan, baik itu fisik, kemampuan atau yang lainnya. Tuhan sudah sangat adil dalam kehidupan manusia ciptaan-Nya.

Dalam proses pengembangan diri, kita harus memiliki sebuah tujuan atau fokus pada hal yang akan membuat kita menjadi lebih berarti bagi banyak orang, memiliki keberhasilan yang menjadi goal dari diri kita sendiri. Proses pengembangan diri memang tidak mudah dimana kita membutuhkan upaya yang besar agar tercapainya keutuhan diri sepenuhnya.

Tidak ada ilmu pasti dalam pengembangan diri, begitu juga tidak ada guru yang paten dalam hal ini. Semua berdasarkan atas pengalaman, usaha yang  tiada henti, motivasi yang kuat dan juga keinginan yang besar yang ada dalam diri kita sendiri. Semakin matang seseorang mengelola kehidupannya maka ia akan semakin beruntung karena proses pengembangan dirinya akan semakin baik.
5 Blogger Jambi: Pengertian Pengembangan Diri Banyak orang yang merasa telah sangat mengerti tentang apa itu pengembangan diri. Namun kenyataan sebenarnya banyak yang belum paham apa itu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >