+ -

Pages

Rahasia Umum Orang-orang Sukses

Kita sering melihat peristiwa mengharukan di tayangan televisi tentang upacara pengalungan medali, penyerahan trofi, penyerahan hadiah, atau apapun namanya kepada sang pemenang di suatu kejuaraan. Orang-orang memberi penghormatan kepada mereka berupa pujian betapa hebatnya ia bisa mengalahkan lawan-lawannya.

Begitu juga bila kita melihat tokoh yang dianggap sukses di bidangnya. Segala keberhasilan dan usaha yang ia lakukan mendatangkan decak kagum buat kita semua.

Mungkin timbul pertanyaan, mengapa mereka bisa sukses mengungguli orang-orang lain. Strategi apa yang telah mereka buat, usaha apa yang telah mereka lakukan. Bukankah banyak orang yang melakukan hal yang serupa seperti mereka, berlatih dan bekerja keras untuk bisa menjadi yang terbaik, tapi tetap saja ada yang lebih unggul dan keluar sebagai pemenang dan ada yang tidak.

Berikut ini adalah rahasia yang dilakukan oleh orang-orang yang sukses. Rahasia tersebut adalah rahasia umum karena banyak yang sudah mengetahui rahasia tersebut. Namun hanya sedikit orang yang mampu melakukannya.

Perbaikan yang konstan dan terus menerus

Mereka fokus untuk terus-menerus memperbaiki hasil. Mereka melakukan perbaikan setiap minggu, setiap bulan, dan setiap tahun untuk memastikan kalau mereka menjadi semakin baik. Contoh sederhana saja jika seorang pebisnis menghasilkan keuntungan sebesar 10 persen setiap bulan, setahun ada peningkatan 120 persen.


Pengulangan

Pengulangan adalah hal yang mengubah pengetahuan menjadi keterampilan. Para pemenang dapat tampil dalam kondisi puncak, meski berada dalam tekanan yang amat besar. Mereka terus mengulang apa yang mereka lakukan sampai pengulangan menjadi sifat alami kedua bagi mereka. Sebagai contoh, Bruce Lee berlatih tendangan sederhana sebanyak 10 ribu kali sehari

Keluar dari zona nyaman

Para pemenang selalu mendorong diri mereka keluar dari zona nyaman dan begitu keluar dari zona itu, zona nyaman mereka akan melebar. Saat pikiran direntangkan menuju sebuah dimensi baru, ia tidak akan kembali ke bentuk semula. Sebagai contoh, seorang pelari merasa nyaman berlari sejauh 5 km dalam sejam, dan bila ia menambah 500 meter setiap minggu, dalam beberapa bulan ia bisa menjadi pelari maraton.

Umpan balik

Seorang pemenang selalu mencari umpan balik pada mentor atau pelatih mereka. Walaupun mentor ini tidak sebaik mereka tapi mereka dapat melihat yang mungkin tak dapat dilihat oleh sang pemenang. Sang pemenang selalu meminta bantuan mentor untuk menyadarkan mereka pada hal yang mereka tidak tahu dan mengingatkannya terus-menerus.
5 Blogger Jambi: Rahasia Umum Orang-orang Sukses Kita sering melihat peristiwa mengharukan di tayangan televisi tentang upacara pengalungan medali, penyerahan trofi, penyerahan hadiah, atau...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >