+ -

Pages

5 Cara Menjadi Orang Yang Jujur

Menjadi orang yang jujur adalah hal yang wajib yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Kejujuran membentuk kita menjadi manusia yang sebenarnya. Mengapa bisa dibilang begitu? Karena jujur adalah sifat dasar manusia.  Ketika seseorang tidak berprilaku jujur, maka terguncanglah hatinya. Ada perasaan bersalah dalam dirinya. Perasaan ini berasal dari dalam hatinya yang merupakan dasar kemanusiawiannya. Jika rasa ini telah hilang maka semakin jauhlah dirinya sebagai manusia sebenarnya.

Jika seseorang tidak jujur, maka orang-orang  semakin menjauh dari dirinya. Orang-orang terdekat mulai menghindarinya. Semakin sering ia tidak jujur, maka makin sedikit teman-temannya. Orang lain akan berteman dengannya hanya seperlunya saja. Jika orang lain tidak ada keperluan dengannya, maka mereka akan menjauh. Kehadirannya tidak diharapkan oleh orang lain. Begitulah gambaran bagi orang-orang yang tidak jujur. Kondisi tersebut berlaku sebaliknya untuk orang-orang yang jujur.

Seringkali karakter jujur sulit untuk diraih. Perilaku tidak jujur yang telah tertanam dalam diri sejak kecil menyebabkan kita kesulitan dalam meraihnya. Idealnya kejujuran harus dipupuk semenjak kecil sehingga menjadi karakter yang kuat ketika telah dewasa. Namun begitu bukan berarti kejujuran tidak bisa dibentuk walaupun kita telah dewasa. Memang perlu usaha yang besar untuk membentuk karakter ini. Tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Asal ada niat dan usaha yang kuat dari dalam diri, karakter jujur pasti bisa raih. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjadi orang yang jujur.

Beribadah dan berdoa

Beribadah dan berdoa adalah hal yang mutlak yang harus dilakukan. Agama menuntun kita kepada jalan kebenaran. Tidak berkata jujur berarti melanggar apa yang diperintahkan agama. Kuatkan niat untuk mendekatkan diri kepada agama, perbanyaklah beribadah dan berdoa. Semoga kita dilindungi oleh Yang Maha Kuasa dan ditunjukkan jalan yang benar menuju sifat yang jujur.

Mendengarkan suara hati

Suara hati mengatakan kebenaran. Sayangnya kita sering tidak mendengarkannya. Ada juga orang tidak menyadari bahwa ada suara hati di dalam dirinya. Jika seseorang melakukan ketidakjujuran maka akan terjadi ketidaknyamanan dalam hatinya. Saat itu hatinya sedang berteriak. "Jangan lakukan hal-hal yang buruk, tapi lakukanlah hal-hal yang baik". Begitulah kira-kira permintaan hati. Ikutilah permintaan hati tersebut, karena permintaan tersebut akan membawa kita kepada kejujuran. Dengarkan dan ikuti apa yang dikatakan oleh suara hati dan jangan pernah membantahnya. Lama-kelamaan kita akan peka dengan suara hati tersebut. Kepekaan pada suara hati akan membantu kita untuk selalu berada di jalan yang benar.

Kadang suara hati tidak mau kita dengarkan karena kita mempunyai kepentingan yang lain. Biasanya kepentingan tersebut adalah kepentingan duniawi yang selalu ingin kita kejar. Akibatnya kita membantah suara hati dengan tidak berlaku jujur dan mencari pembenaran atas ketidakjujuran tersebut. Di sinilah kesabaran kita diuji, apakah kita sanggup untuk tetap berperilaku jujur atau menyerah pada hawa nafsu duniawi. Niat yang kuat, ibadah dan doa akan menjadi kekuatan untuk kita supaya bisa lebih bersabar.

Berpikir positif

Berpikir positif meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri akan membuat hidup kita menjadi menyenangkan. Hidup menyenangkan akan menghasilkan kenyamanan dalam diri. Kenyamanan inilah yang membuat kita mudah menjadi orang yang jujur.

Karakter jujur akan terbentuk pada orang-orang yang berpikir positif. Karena mereka yakin bahwa kejujuran akan membawa kebahagiaan. Teruslah berpikir positif karena banyak manfaatnya. Berpikiran negatif hanya membuat kita sakit lahir dan batin.

Bergaul dengan orang-orang yang jujur

Hal ini tidak bermaksud untuk memilih-milih teman. Tapi orientasinya adalah pada niat guna memperbaiki perilaku yang buruk. Rasanya sangat sulit mengubah perilaku menjadi orang yang jujur jika kita masih berteman dengan orang-orang yang tidak jujur.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa jika kita berteman dengan orang yang baik, maka kita juga ikut menjadi orang yang baik. Ibarat berteman dengan tukang besi, maka baju kita bisa terbakar karenanya atau kita mendapatkan bau yang busuk. Jika kita berteman dengan penjual minyak wangi, setidaknya kita akan mendapatkan bau yang harum karenanya. Bertemanlah dengan orang yang jujur maka kita akan mudah menjadi orang yang jujur.

Pelatihan terus-menerus

Pelatihan yang dimaksud di sini bukanlah pelatihan formal pengembangan diri yang dilakukan dalam training-training terjadwal. Pelatihan yang dimaksud adalah pelatihan yang dipelajari dan terus-menerus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tidak bisa membentuk perilaku jujur hanya dalam waktu beberapa hari saja. Kejujuran wajib kita jadikan karakter, namun waktu yang diperlukan untuk membentuknya adalah bertahun-tahun. Kita harus berkata dan berprilaku jujur setiap saat sepanjang tahun dan dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya. Begitulah pelatihan yang sebenarnya.
5 Blogger Jambi: 5 Cara Menjadi Orang Yang Jujur Menjadi orang yang jujur adalah hal yang wajib yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Kejujuran membentuk kita menjadi manusia yang seben...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >