+ -

Pages

Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Presentasi

Ini adalah pengalaman saya. Sebelumnya seorang teman memberi nasehat bagaimana cara mengatasi gugup saat presentasi. Menurutnya yang pertama kali kita lakukan adalah harus menguasai materi presentasi. Kalau materi tidak terkuasai, maka habislah kita. Kita akan cemas sebelum dan saat presentasi. Oleh karena itu, menguasai  materi presentasi  hukumnya adalah wajib.

Kedua adalah menguasai lima menit pertama suasana presentasi. Cara menguasainya adalah bersikap tenang, santai dan tetap konsentrasi. Jika lima menit pertama ini terkuasai maka gugup akan hilang dengan sendirinya.

Kemarin saya mencoba menerapkan apa yang dikatakan teman saya ini. Pertama saya menguasai materinya dulu. Kemudian pada saat presentasi, saya bersikap tenang, santai dan menguasai suasana presentasi dengan penuh percaya diri.

Pada awalnya, memang saya merasa agak gugup dan tangan saya terasa dingin dan sedikit gemetaran, tapi saya mencoba membawa suasana dengan sedikit bercanda. Semua peserta tertawa dengan canda saya. Hampir saja saya merasa bahwa tawaan tersebut adalah tawaan pada saya yang merasa gugup, tapi saya yakinkan pada diri sendiri bahwa tawa tersebut adalah murni karena canda dari saya bukan menertawakan saya yang gugup. Saya juga meyakinkan diri bahwa tidak ada ada yang tahu bahwa saya sedang gugup.

Selanjutnya saya melanjutkan presentasi menuju konten presentasi saya. Pada saat itu rasa gugup mulai berkurang. Beberapa saat kemudian rasa gugup benar-benar hilang. Namun saya malah tidak menyadari bahwa rasa gugup itu telah hilang. Saya baru sadar ketika presentasi saya hampir selesai.

Memang hebat, ternyata rasa gugup ketika presentasi itu bisa diatasi. Pertama adalah dengan menguasai materi presentasi kemudian dengan menguasai lima menit pertama suasana presentasi. Kita harus bersikap santai dan percaya diri. Saya percaya cara-cara tersebut bisa menghilangkan gugup karena saya telah membuktikannya.

Saya percaya bahwa orang-orang yang jago presentasi, dulunya adalah orang yang gugup saat memulai presentasi, namun karena mereka telah terbiasa melakukan presentasi maka selanjutnya kegiatan presentasi adalah hal yang mudah buat mereka. Rasa gugup mereka telah hilang.

Saya yakin bahwa semua orang bisa menghilangkan rasa gugupnya saat presentasi,. Caranya adalah dengan melatihnya terus-menerus, meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri. Jika tidak begitu kemampuan presentasi tidak akan muncul dengan sendirinya. Saya percaya semua pasti bisa.
5 Blogger Jambi: Cara Mengatasi Rasa Gugup Saat Presentasi Ini adalah pengalaman saya. Sebelumnya seorang teman memberi nasehat bagaimana cara mengatasi gugup saat presentasi. Menurutnya yang pertama...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >