+ -

Pages

Belajar Menulis Tulisan Ilmiah

Hari ini saya mulai menulis tulisan ilmiah sesuai dengan tugas menulis tahun ini yang pernah saya ceritakan sebelumnya. Untuk memulainya, saya duduk di depan laptop sambil menerawang memikirkan tentang topik yang akan saya tulis. Saya memikirkan ide-ide tulisan sambil mencoba merangkai kata-kata yang cocok. Sayangnya, setelah sekian lama menerawang saya tidak juga mendapatkan ide. Ternyata menulis tulisan ilmiah lebih sulit dari apa yang saya bayangkan.

Jika saya bandingkan dengan menulis blog, ternyata menulis di blog jauh lebih mudah dan menyenangkan. Saya biasanya sangat lancar menulis di blog. Ketika menulis di blog saya hanya menulis apa yang ada di kepala saya. Apa yang terlintas di pikiran saya, maka itulah yang saya tuliskan. Setelah semua yang ada di kepala selesai saya tulis kemudian saya memperbaiki tulisan tersebut dan selanjutnya mem-publish-nya. Selesai.

Berbeda halnya jika kita menulis tulisan ilmiah. Menulis tulisan ilmiah jauh lebih sulit karena penulisan harus didasari oleh pengetahuan dan referensi-referensi dari berbagai sumber terpercaya. Untuk mendapatkan pengetahuan tentu kita wajib membaca. Sedangkan untuk mendapatkan referensi dari sumber terpercaya, kita harus aktif ke perpustakaan atau browsing melalui internet. Melakukan hal-hal tersebut membutuhkan waktu yang lebih banyak. Hal ini tentu membuat waktu penulisan menjadi lebih panjang. Apalagi jika kita hanya memiliki sedikit pengetahuan mengenai apa yang kita tulis. Waktu penulisan akan menjadi lebih lama lagi.

Setelah cukup lama merenung akhirnya saya bisa juga memulai menulis beberapa kalimat. Ketika telah selesai menulis sekitar dua paragraf, ternyata banyak bagian-bagian dari tulisan yang harus saya kosongkan. Bagian-bagian tersebut merupakan bagian-bagian yang membutuhkan referensi-referensi atau data-data agar tulisan menjadi lebih ilmiah. Untuk melengkapi  referensi-referensi atau data-data, saya harus mencarinya melalui internet. Mencarinya ternyata lebih lama lagi dibandingkan proses menulis tadi.

Saya jarang sekali membuat tulisan ilmiah sehingga tidak punya pengalaman yang banyak mengenai tulisan ilmiah. Saat ini saya belajar dulu dengan membaca tulisan-tulisan mengenai cara membuat tulisan ilmiah. Dengan adanya sedikit tambahan pengetahuan dari membaca, semoga dapat menambah pemahaman saya mengenai menulis tulisan ilmiah sehingga hasil tulisan saya nanti menjadi lebih baik.
5 Blogger Jambi: Belajar Menulis Tulisan Ilmiah Hari ini saya mulai menulis tulisan ilmiah sesuai dengan tugas menulis tahun ini yang pernah saya ceritakan sebelumnya . Untuk memulainya, s...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >