+ -

Pages

Keyakinan Pada Diri Sendiri


Saya adalah orang yang lemah dalam kemampuan berbicara. Saya tidak terlatih dalam berbicara, apalagi berbicara di depan umum. Barangkali penyebabnya adalah watak saya yang pendiam. Saya sering berpikir bahwa orang yang banyak berbicara biasanya pembicaraannya banyak yang tidak berarti. Oleh karena itu saya sering menahan untuk tidak banyak berbicara.

Saya pernah belajar agar bisa berbicara lebih banyak. Setelah saya praktekkan, pembicaraan saya banyak yang tidak berisi dan ngawur. Banyak ucapan yang tidak seharusnya saya ucapkan keluar begitu saja dari mulut saya. Ucapan itu menurut saya adalah aib bagi diri saya dan aib juga bagi orang lain.

Saya sudah mencoba mengontrol pikiran saya ketika akan berbicara. Jika saya akan berbicara banyak, maka yang akan saya bicarakan itu haruslah yang baik-baik saja. Tapi tetap saja ketika saya praktekkan ternyata saya gagal melakukannya. Semakin banyak saya berbicara, semakin banyak pula ucapan yang kurang baik yang saya keluarkan. Oleh karena itulah saya tidak lagi belajar untuk berbicara banyak.

Sampai sekarang saya tidak tahu apakah pendiam itu baik atau buruk. Kadang sebagian orang mengatakan bahwa pendiam itu baik. Menurut mereka orang yang pendiam biasanya adalah orang yang baik. Kadang ada juga sebagian orang yang mengatakan seolah-olah pendiam itu tidak baik. Menurut mereka orang yang pendiam tidak bisa mengungkapkan ide mereka sehingga orang lain tidak tahu apa keinginannya.

Terlepas dari semua ucapan orang tersebut, menurut saya pendiam atau tidak seseorang itu tidak penting.  Selagi seseorang mempunyai keyakinan pada diri sendiri, maka itulah yang terbaik.
5 Blogger Jambi: Keyakinan Pada Diri Sendiri Saya adalah orang yang lemah dalam kemampuan berbicara. Saya tidak terlatih dalam berbicara, apalagi berbicara di depan umum. Barangkali p...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >