+ -

Pages

Perkembangan Alat Tulis

Untuk menulis, saya punya laptop, handphone dan tablet yang semuanya siap saya gunakan sebagai alat untuk menulis. Namun begitu yang bisa membuat saya nyaman dalam menulis hanyalah laptop. Walaupun di zaman sekarang ini laptop sudah tidak dikatakan barang yang mobile lagi. Namun hanyalah laptop yang membuat saya mudah dan lancar dalam menulis dibandingkan handphone dan tablet.

Karena sudah tidak dikatakan barang yang mobile lagi, maka laptop lebih banyak kelemahan dibandingkan handphone dan tablet. Karena lebih besar, laptop lebih berat untuk dibawa dan memerlukan tempat untuk mengetik. Karena memerlukan tempat, maka kita perlu duduk untuk menulis. Selain itu, ketika ingin digunakan, laptop perlu dihidupkan dan loading-nya ketika dihidupkan agak lama. Jadi laptop memang agak ribet dibandingkan handphone dan tablet. Tapi walaupun ribet begitu, saya masih tetap nyaman menggunakannya.

Sebelum saya nyaman menulis menggunakan laptop, saya lebih nyaman menulis dengan tangan, maksudnya dengan pena dan kertas. Menulis dengan pena dan kertas lebih mudah karena membuat kita lebih luwes dan lebih bebas menggerakkan tangan sehingga menulis menjadi lebih cepat. Menulis pun menjadi lebih lancar.

Setelah sekian lama saya menggunakan laptop, akhirnya saya lebih sering menulis menggunakan laptop. Alasannya adalah tulisan di laptop lebih mudah di-edit (sunting). Jika ada yang salah tinggal di-delete (hapus) saja dan kemudian diganti dengan tulisan yang baru. Kesalahan tersebut tidak meninggalkan jejak apapun.

Berbeda jika kita menulis dengan pena dan pulpen. Jika terjadi kesalahan kita harus mencoretnya. Mencoret akan meninggalkan jejak. Jika yang salah itu berada di tengah-tengah tulisan dan kita perlu menggantikannya dengan tulisan yang baru, tentu kita tidak bisa mencoret dan menambahkan tulisan baru di bagian tersebut. Kita hanya bisa menulis tulisan yang baru di bagian lain dan membuat arah tanda panah dari tulisan baru tersebut ke bagian tengah tulisan yang dicoret yang menandakan tulisan baru tersebut seharusnya ditempatkan di bagian sana. Hal ini tentu membuat tulisan tersebut kurang rapi dan kurang menarik.

Dengan adanya peralihan dari tulisan tangan menuju laptop tersebut, bisa saja suatu saat nanti terjadi juga peralihan menuju menulis menggunakan handphone atau tablet. Sekarang memang belum ada tanda-tanda peralihan tersebut. Tapi suatu saat akan kelihatan juga. Kita tunggu saja.
5 Blogger Jambi: Perkembangan Alat Tulis Untuk menulis, saya punya laptop, handphone dan tablet yang semuanya siap saya gunakan sebagai alat untuk menulis. Namun begitu yang bisa me...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >