+ -

Pages

5 Tips Membeli Rumah yang Wajib Diketahui

Jika Anda adalah seorang pemula yang belum memiliki pengalaman dalam membeli sebuah rumah, berikut ini kami sajikan beberapa tips membeli rumah yang perlu Anda ketahui. Tips ini bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan agar Anda bisa dengan mudah merealisasikan kemungkinan Anda untuk memiliki sebuah rumah impian bagi Anda dan keluarga.

Membeli sebuah rumah tempat tinggal untuk pertama kalinya merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi kebanyakan orang. Selain harus memikirkan masalah budget, Anda juga harus paham betul dengan hal-hal yang berkaitan dengan prosedur-prosedur pembelian sebuah rumah. Season itu juga harus mengetahui bagaimana kondisi rumah yang sebaiknya akan dibeli.

Pada dasarnya tidaklah sulit ketika Anda mengetahui bagaimana caranya untuk membeli sebuah rumah meskipun Anda belum pernah melakukannya sebelumnya. Berikut ini akan diulas beberapa tips dalam membeli rumah yang bisa Anda jadikan pertimbangan ketika Anda ingin membeli sebuah rumah baik yang masih baru maupun tidak. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

1. Memilih Lokasi

Langkah pertama yang harus Anda putuskan ketika ingin membeli sebuah rumah adalah menentukan lokasinya terlebih dahulu. Lokasi rumah tempat tinggal sangat mempengaruhi aktifitas Anda kedepannya. Apabila Anda salah dalam menentukan lokasinya maka bukannya tidak mungkin hal semacam ini malah akan mempersulit hidup Anda kedepannya. Lokasi yang dimaskud di sini berkaitan erat dengan akses transportasi menuju rumah tersebut, ketersediaan fasilitas umum, serta aman terhadap bencana alam misalnya seperti banjir, tanah longsor dan sebagainya. Usahakan juga yang masih memiliki tingkat kebersihan udara yang baik. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi kenyamanan Anda ketika menempati rumah baru tersebut.

2. Memilih Jenis Rumah yang Ingin Dibeli

Setelah Anda menentukan lokasinya, tips membeli rumah selanjutnya adalah menentukan jenis rumah yang ingin Anda beli. Buatlah daftar prioritas dari rumah yang ingin Anda beli. Misalnya luas rumah, model dan desain rumah, jumlah kamar tidur, kamar mandi, halaman, dan lain sebagainya. Selain itu buat juga daftar yang terkait dengan fasilitas pendukungnya, misalnya jalan umum, PAM, listrik, rumah ibadah, sekolah, kebersihan, pasar, dan lain sebagainya.

3. Harga Rumah

Setelah Anda memilih jenis rumah yang ingin Anda beli, langkah selanjutnya mencocokannya dengan budget yang Anda miliki. Belilah rumah yang harganya sesuai dengan kemampuan Anda agar Anda bisa fokus serta tidak merasa keberatan pada saat proses pembayarannya.

4. Mempersiapkan Dana Tunai

Tips ketika membeli rumah selanjutnya adalah mempersiapkan dana tunai meskipun pada saat proses pembayarannya Anda memilih untuk melakukannya secara kredit sekalipun. Dana tunai tersebut Anda perlukan untuk mengantisipasi adanya biaya-biaya lain pada saat pembelian rumah tersebut. Contohnya adalah booking fee atau uang tanda jadi, akte jual beli, biaya jasa notaris, biaya balik nama sertifikat, dan lain sebagainya. Apabila proses pembelian rumah Anda tersebut dibiayai melalui kredit dari bank misalnya KPR maka Anda tetap harus mempersiapkan dana tunai. Dana tersebut digunakan untuk biaya administrasi, biaya untuk jasa notaris, biaya untuk asuransi kebakaran dan jiwa, dan lain sebagainya.

5. Menggunakan KPR

Tips terakhir dalam membeli rumah adalah dengan cara menggunakan KPR. Ketika Anda memilih KPR sebagai alternatif pembayaran rumah yang ingin Anda beli maka Anda sebaiknya harus mengetahui syarat dan ketentuan dari KPR terlebih dahulu. Karena sebelum permohonan KPR Anda disetujui oleh puhak bank, pihak bank akan terlebih dahulu melakukan analisa kredit untuk mengukur kemampuan cicilan Anda.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda tempuh ketika Anda belum memiliki pengalaman yang cukup dalam membeli sebuah rumah. Semoga tips membeli rumah  yang telah dipaparkan di atas dapat membantu Anda pada saat ingin membeli rumah idaman Anda.
5 Blogger Jambi: 5 Tips Membeli Rumah yang Wajib Diketahui Jika Anda adalah seorang pemula yang belum memiliki pengalaman dalam membeli sebuah rumah, berikut ini kami sajikan beberapa tips membeli r...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >