8 Hal ini akan Membuatmu Menjadi Pribadi yang Bersinar


Setiap manusia dilahirkan dengan potensi di dalam diri masing – masing yang akan semakin berkembang jika diasah dengan baik. Semakin terasah potensi tersebut, maka hal ini bisa terlihat dari penampilah fisik yang terawat dan kepribadian yang baik pula. Untuk mengasah inner beauty alias kepribadian yang baik agar menjadi seseorang yang bersinar dan memiliki hidup yang lebih bahagia, lebih bermakna dan memberikan manfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitar, maka ada sejumlah hal yang bisa dilakukan.

Tentunya kita membutuhkan konsistensi dalam melakukan dan menerapkannya. Berita baiknya hal tersebut sangah mudah dilakukan asalkan kita telah meniatkan untuk melakukannya. Berikut 8 hal yang akan membuatmu menjadi pribadi yang bersinar luar dan dalam:

Selalu bersyukur

Bersyukur untuk semua yang terjadi adalah langkah pertama untuk menjadi pribadi yang bersinar. Semakin banyak kita bersyukur untuk semua yang terjadi dalam hidup kita, akan semakin banyak yang kita dapatkan. Kemampuan untuk bisa menemukan hal-hal baik bahkan dalam sebuah musibah sekalipun harus selalu diasah. Semakin besar rasa syukur maka kita akan semakin bersinar sebagai seorang manusia.



Tersenyum
Belajarlah untuk tersenyum dengan tulus. Senyum yang tulus akan mencairkan suasana sebeku apapun itu. Tersenyum juga menolong kita untuk menghadapi situasi sesulit apapun itu. Senyum tulus lahir dari dalam hari dan tidak dimanipulasi oleh kepentingan atau maksud tertentu. Senyum ini terlihat dari sorot mata yang juga tulus.



Berhenti membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain

Kehidupan orang lain akan selalu terlihat lebih indah dari kehidupan kita, ibarat rumput tetangga yang akan selalu lebih hijau dari rumput di pekarangan sendiri. Namun terus membandingkan kehidupan kita dengan kehidupan orang lain, akan membuat kita lupa untuk berfokus memperbaiki kehidupan kita sendiri, membuat waktu yang bisa digunakan untuk potensi kebaikan tergerus dan lama-lama sikap ini akan menciptakan prasangka buruk bahkan dan merusak hubungan baik yang telah tercipta.



Berbagi dengan orang lain dan berbuat baik setiap hari

Berbagi bahkan untuk hal sekecil apapun akan menghasilkan hormone endhorpin yang akan melahirkan rasa bahagia bagi kita. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian ahli yang telah melakukan survei yang menghubungkan rasa bahagia dengan kebiasaan memberi. Berbuat baik setiap hari kepada orang lain pun bisa kita biasakan walaupun hanya terlihat sebagai hal-hal yang kecil sekalipun.



Belajar

Kamu pernah berbincang dengan orang yang memiliki banyak pengetahuan? Tentunya berbincang dengan orang semacam ini didukung sikap yang positif terhadap kehidupan akan sangat menyenangkan bukan. Untuk menjadi pribadi cerdas semacam ini, dibutuhkan kemauan untuk terus belajar hal-hal positif dan baik tanpa henti. Jangan lewatkan satu haripun dengan terus menggali berbagai ilmu pengetahuan. Semakin banyak kita belajar, meniatkan dan membantu dengan berbagi dengan orang lain, akan semakin bermanfaat ilmu yang kita pelajari tersebut.



Menemukan potensi diri dan maksimalkan

Potensi diri seringkali tersembunyi jika tidak kita gali. Padahal potensi diri akan sangat luar biasa jika dimanfaatkan dengan baik. Seringkali potensi itu terpendam karena kesibukan untuk melakukan hal – hal lain yang kadang kurang bermanfaat.

Temukan potensi diri, juga passion dan maksimalkan. Kita akan terkejut dengan perubahan yang akan dirasakan di kehidupan ini. Melakukan sesuatu sesuai passion sambil memaksimalkan potensi terpendam akan menghasilkan manfaat positif yang akan mengubah kehidupan kita secara positif pula.

Memaafkan

Begitu banyak kekecewaan, kesedihan, penolakan dan hal – hal buruk lainnya yang terjadi, baik dari orang lain maupun peristiwa – peristiwa yang terjadi di kehidupan. Mari kita membiasakan sikap memaafkan termasuk memaafkan diri sendiri jika berbuat sesuatu yang buruk. Memaafkan bukan berarti menerima sebuah perbuatan buruk atau memperkenankan terjadinya hal – hal buruk.

Namun memaafkan disini adalah memaafkan pelaku tindakan buruk tersebut namun tidak menerima perbuatan buruknya dan jika perbuatannya tersebut memiliki kosekuensi tindakan hukum, maka proses hukum  harus tetap berjalan. Memaafkan juga diikuti tindakan mendoakan agar mereka yang melakukannya dan orang – orang di sekitar kita tidak sampai mengalami hal – hal buruk di kemudian hari.



Gunakan tutur kata yang baik

Seseorang yang memiliki kepribadian yang baik akan memiliki tutur kata yang baik dan santun serta tidak menyakiti perasaan orang lain. Kita bisa membiasakan untuk memiliki tutur kata yang baik,  memilih kata – kata yang baik dan bermanfaat juga menjaga sikap sopan dimanapun berada. Sikap yang baik juga harus ditunjang dengan gesture tubuh yang baik. Dengan perpaduan dari ketiga hal tersebut, akan tercerminlah kepribadian yang baik yang lahir dari hati dan pribadi yang baik.

Kita hidup hanya satu kali di dunia ini. Alangkah ruginya jika hidup yang hanya sekali dan terbilang singkat ini jika digunakan untuk melakukan hal – hal buruk dan merugikan. Namun jika kita berfokus untuk melatih diri untuk memiliki kontrol diri yang baik dan melakukan hal-hal baik, maka kepribadian yang baik yang merupakan kecantikan alami yang sejati akan terpancar dan kebahagiaan sejati pun akan kita rasakan.

Komentar

ARTIKEL TERPOPULER

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Remaja

Selamat Datang

Review ASUS TUF Gaming A15 FX506 Ryzen 4000 - Kencengnya Nggak Ada Obat!

Cara Menangkap Pembaca Artikel Menjadi Subscribers Kita.